Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Ini Cara Jalan-jalan Gratis di Melbourne

20 November 2020   12:38 Diperbarui: 21 November 2020   12:34 328 36 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Cara Jalan-jalan Gratis di Melbourne
Flinders Street Station. Sumber: dokpri

Salah satu pos pengeluaran yang cukup besar saat jalan-jalan adalah transportasi. Beruntung bila tempat yang dikunjungi dapat dijelajah dengan berjalan kaki. Bisa lebih hemat. 

Lebih beruntung lagi, bila tempat yang dikunjungi memberikan fasilitas transportasi gratis. Melbourne, kota kedua terbesar di Australia ini, adalah salah satunya. Jalan-jalan keliling Melbourne bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Caranya?

Tram adalah moda transportasi umum yang paling popular di Melbourne. Cepat, nyaman, aksesnya mudah dan juga ramah lingkungan. Selain itu, tram merupakan cara terbaik untuk berkeliling kota karena jangkauannya yang luas. 

Jaringan tram Melbourne yang mencapai 249 km adalah jaringan tram paling besar di dunia. Jumlah tramnya pun tak tanggung-tanggung, mencapai 500 unit.

City Circle Tram dengan warna merahnya yang khas. Sumber: dokpri
City Circle Tram dengan warna merahnya yang khas. Sumber: dokpri
Tram tak hanya fungsional, tetapi juga merupakan ikon Melbourne. Tram memiliki sejarah yang panjang di Melbourne. Tram sudah beroperasi di Melbourne sejak tahun 1885. Perkembangannya sangat pesat, dalam waktu 50 tahun terbangun rel sepanjang 75 km dan jumlahnya mencapai 1200 unit. Keberadaannya sempat hampir hilang. 

Namun, untungnya tak seperti di Sydney, tram tetap ada dan bertahan di Melbourne hingga saat ini. Ada beberapa teori tentang hal yang "mengancam" keberadaan tram. Ada yang berteori karena kekuatan perusahaan minyak dan mobil/bis, sehingga mereka ingin menyingkirkan tram dan menggantikannya dengan mobil/bis. Juga keberadaan mobil mengakibatkan tram harus berbagi tempat di jalan. 

Pada tahun 1910-an dimana penggunaan mobil berkembang pesat, sehingga mula timbul kemacetan. Tram banyak disalahkan. Teori lainnya adalah karena tingginya tingkat kecelakaan di tram.

Mengapa Melbourne bisa mempertahankan tram-nya? Salah satunya adalah karena jalan-jalan di Melbourne dibangun lebih lebar dibanding jalan-jalan di Sydney. Sehingga memungkinkan tram dan mobil berada bersama di jalan tanpa terlalu menimbulkan kemacetan. 

Alasan lainnya juga karena Melbourne ingin memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada. Bila ingin mengganti dengan moda transportasi umum lain, tentunya akan keluar biaya. Jauh lebih mudah untuk memelihara yang ada dibanding mengganti total, apalagi tram juga terbukti berhasil sebagai moda transportasi umum yang dapat diandalkan.

Melbourne memiliki Zona Tram Gratis, baik bagi penduduk setempat maupun bagi pengunjung yang datang. Cakupannya luas, mulai dari Victoria Market, Docklands, Flinders Street dan Federation Square. Untuk berkeliling Melbourne, pilihlah City Circle Tram (Tram nomor 35). Tram dengan warna merah burgundi memiliki jalur yang berhenti di tempat-tempat atraksi wisata Melbourne, dan tentunya gratis. 

Terdapat brosur informasi dan juga peta di dalam tram ini. Tram ini beroperasi setiap 12 menit dari pukul 10 pagi sampai 6 sore (Minggu -- Rabu) dan pukul 10 pagi sampai 9 malam (Kamis -- Sabtu). Berikut adalah beberapa tempat atraksi yang dapat dikunjungi dengan menggunakan City Circle Tram ini:

  • Flinder Street Station. Stasiun kereta ini dibangun tahun 1854 dan merupakan salah satu bangunan ikonik di Melbourne dengan warna kuning khasnya. Stasiun ini juga merupakan stasiun pertama yang dibangun di Australia
  • Immigration Museum
  • Melbourne Observation Deck
  • Melbourne Aquarium
  • Webb Bridge. Jembatan yang dibangun pada tahun 1986 di atas Sungai Yarra ini memiliki bentuk yang unik, sehingga sering menjadi objek fotografi bagi yang berkunjung ke Melbourne

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN