Violla desfitri (21031163)
Jurusan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA
Universitas Negeri Padang
A. Pembaharuan kurikulum
Pembaharuan kurikulum bisa disebut juga dengan pembaharuan pendidikan. Pembaharuan kurikulum adalah perubahan kurikulum yang terdapat perbedaan dalam satu atau lebih komponen dari kurikulum dengan periode tertentu. Proses pembaharuan kurikulum harus dirancang sebaik mungkin dan harus diseleksi secara matang, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan dapat terciptanya tujuan pendidikan nasional.
Bentuk pembaharuan kurikulum pada pemdidikan dasar dan menengah adalah menerapkan kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan menengah. Peserta didik dituntut untuk berdiskusi selama pembelajaran berlangsung dengan menyampaikan pendapat dan saling bertukar pendapat. Bentuk pembaharuan kurikulum pada pendidikan tinggi seperti penerapan merdeka belajar. Merdeka belajar adalah program darri  kemendikbud dimana memberika kebebasan mahasiswa untuk berinovasi dan kreatif dalam belajar.
B. Pengelolaan pendidikan inovatif
Inovasi pendidkan adalah hal baru yang dimunculkan oleh seseorang atau sekelompok orang baik berupa hasil invensi atau diskaveri yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikana atau untuk memecahkan masalah pendidikan. Dalam menciptakan pendidikan inovatif, kita bisa menyatukan unsur teknologi dalam pembelajaran. Tujuannya adalah membuat pembelajaran menjadi menarik perhatian dan efektif untuk dilaksanakan. Sehingga dalam belajar tidak monoton dan membosankan bagi peserta didik. Pendidik bisa membuat pembelajaran menjadi beragam karena adanya teknologi. Selain itu, pendidikan inovatif memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam mengakses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak hanya dilaksanakan secara tatap muka akan tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas.
Seperti kita ketahui, tidak semua masyarakat di Indonesia dengan mudah untuk menduduki bangku pendidikan. Banyak sekali masyarakat yang terhalang untuk bersekolah dengan baik., sehingga mereka tertinggal dalam pendidikan. Untuk itu, perlu adanya pengelolaan pendidikan inovatif, seperti SMP Terbuka, SMA Terbuka, dan Universitas Terbuka. Ketiga bentuk pendidikan inovatif ini memiliki tujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memasuki jenjang pendidikan yang dibutuhkan karena terhambat oleh beberapa aspek seperti ekonomi, sosial, geografis maupun waktu
C. Pengembangan Pendidikan di Luar Sekolah
Pendidikan tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah saja, akan tetapi pendidikan bisa didapatkan dari luar sekolah. Banyak sekali ilmu-ilmu yang tidak bisa didapatkan dari bangku sekolah. Hal ini perlu kita lakukan, dengan melakukan pembauran dengan lingkungan luar sekolah yakni lingkungan masyarakat.Pengembangan pendidikan di luar sekolah, dapat membantu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.