Mohon tunggu...
Viola Eva R
Viola Eva R Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswi Magister

Banyak orang gagal dalam hidup karena tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah (Thomas Edison).

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Self Healing atau Sekedar Pelarian?

9 Januari 2023   18:10 Diperbarui: 10 Januari 2023   04:27 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seiring berjalannya waktu, waktu akan mengajarkanmu banyak hal -- Aeschylus

Self Healing merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan kondisi tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh padatnya aktivitas yang menguras banyak tenaga tubuh maupun tenaga pikiran, sehingga kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dengan cara menghibur diri.

Banyak orang beranggapan bahwa self healing dengan refreshing sebenarnya hanya menghamburkan uang dan waktu saja, padahal manfaat refreshing juga banyak. Diantaranya Refreshing bisa menurunkan risiko timbulnya gangguan mental seperti depresi akibat melakukan pekerjaan secara terus-menerus yang bisa membuat seseorang lebih emosional.

Selain itu, meluangkan waktu untuk refreshing juga disinyalir membuat seseorang lebih berumur panjang. Hal ini dikarenakan orang yang menyempatkan diri untuk me-refresh tubuh dan pikirannya lebih besar kemungkinannya terhindar dari penyakit-penyakit kronis.

Lalu apa bedanya pelarian berkedok self healing yang akhir-akhir ini ramai dibincangkan oleh kalangan remaja

Sebenarnya, self healing adalah salah satu alternatif untuk melepas kepenatan ,mendorong semangat untuk melakukan tugas, atau ingin refreshing untuk melepas kepenatan.

Yang perlu digarisbawahi, ketika self healing membawa dampak negatif misalnya apabila kita tidak bisa memanajemen betul keinginan kita, contohnya ketika belanja berlebihan apalagi akses belanja zaman sekarang juga lebih mudah dengan rebahan dan tinggal checkout pun jadi, lalu barang akan sampai dengan sendirinya. 

Sebenarnya tidak salah membelanjakan uang sendiri namun yang salah adalah ketika kita tidak bisa mengontrol atau membedakan mana kemauan mana kebutuhan, bisa jadi barang-barang yang kita beli dengan berkedok self healing adalah barang yang sebenernya tidak kita butuhkan. Sering nongkrong kesana kemari hanya untuk menambah popularitas. 

Air Terjun Trawas Mojokerto/Dok pribadi
Air Terjun Trawas Mojokerto/Dok pribadi

Bagi sebagian orang, berkumpul bersama teman adalah kebersamaan yang tak ternilai atau mereka yang suka membeli barang adalah yang sebenarnya mereka butuhkan. 

Jadi, jangan meniru orang lain atau menyamakan standar, self healing juga tidak harus dengan membeli ini itu untuk kepuasan diri sendiri, bisa juga dengan nonton film, mendengarkan music, bersantai di rumah, dan lebih baiknya kita bisa self healing dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun