Mohon tunggu...
Vincentia Ivena
Vincentia Ivena Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Media

Media Digital Vs Media Konvensional

14 September 2020   10:16 Diperbarui: 14 September 2020   10:21 470 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Digital Vs Media Konvensional
www.creohouse.co.id/

Teknologi tidak dapat jauh dari kehidupan sehari-hari, termasuk internet. Dengan adanya internet, dapat mempermudah kegiatan kita, seperti sekolah, bekerja, mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain.

Perkembangan teknologi semakin maju, sama seperti menulis dalam media. Yang pada awalnya menulis di halaman koran, majalah, sedangkan di era majunya teknologi dapat menulis di web atau internet.

Apabila menulis di laman web, tidak hanya jurnalis saja yang bisa, siapapun dapat membuat tulisan. Namun dalam koran atau majalah hanya jurnalis, masyarakat dapat menulis berupa opini, tetapi sulit untuk dimuat.

Tetapi dalam web, bahan yang diunggah memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding dengan media konvensional, karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja serta masih jarang memperhatikan kualitas isi web. Dalam menjelajahi situs web dapat lebih cepat daripada mencari buku dalam perpustakaan.

Media digital memiliki peran-peran yang penting bagi penulis, antara lain: komunikator pesan. Dalam penyampaian informasi, penulis web perlu memiliki keterampilan seperti lucu, menarik, jelas, serta mendalam dalam menyampaikan pesan; penyelenggara informasi yang berarti penulis web perlu mempermudah pembaca mengenai urutan sebuah informasi; dan penerjemah yang dimaksud adalah pesan harus tepat dalam medianya, serta menyesuaikan manfaat kekuatan media.

Informasi dapat disebarluaskan secara cepat kepada khalayak. Hal ini juga mengenai toleransi yang tinggi tentang kesalahan, menyadari bahwa berita terkini merupakan tempat munculnya rumor. Khalayak juga menginginkan berita baru secara terus menerus sehingga lebih mudah terpapar hoax.

Dalam menulis web, perlu memperhatikan

  • Kredibilitas

Dalam penulisan online memiliki peran penting seperti komunikator, penyelenggara dan penerjemah tergantung dengan kredibilitas penulis. Karena banyaknya penerbit halaman web dan mudahnya penerbitan tulisan, sehingga mulai munculnya permasalahan kredibilitas di web atau media lain.

Karena munculnya internet yang semakin maju, terdapat beberapa penelitian yang membahas mengenai kredibilitas. Hal ini menunjukkan bahwa khalayak yang mencari informasi secara online, menganggap bahwa informasi tersebut lebih kredibel daripada dalam media tradisional.

  • Bias

Beberapa penelitian menjelaskan mengenai keterkaitan kredibilitas dengan bias, maksudnya adalah munculnya perspektif penulis yang mengikuti model objektivitas jurnalistik.

  • Identifikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x