Mohon tunggu...
Vina Syayidatul Fitriya
Vina Syayidatul Fitriya Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Jember

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam A1

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengupas Lebih Dalam tentang Perubahan Sosial

21 Oktober 2020   09:33 Diperbarui: 21 Oktober 2020   09:49 12 2 0 Mohon Tunggu...

Assalamua'alaikum teman-teman. Bagaimana kabarnya? baik bukan. Bertemu lagi dengan saya Vina Syayidatul Fitriya. Disini saya akan sedikit membahas tentang perubahan sosial.

Yuk dibaca untuk menambah pengetahuan kalian terhadap perubahan sosial

A. Perubahan Sosial 

Apa sih perubahan sosial itu? Perubahan sosial adalah sebuah bentuk baru didalam kehidupan masyarakat yang timbul karena adanya sebuah perubahan atau pergeseran didalam unsur-unsur sosial. Ibnu Khaldun berpendapat bahwasanya perubahan sosial itu adalah perpindahan atau pergerakan masyarakat nomaden menuju masyarakat yang menetap. 

Selain Ibnu Khaldun, ada banyak para ahli lain yang mengemukakan pengertian dari perubahan sosial, antara lain: Pertama ada William F. Ogburn, Kedua yaitu Kingslay Davis, Ketiga Max Iver, Selanjutnya ada John Lewis Gillin dan John Philip Gillin dan yang terakhir ada Selo Soemarjan. Para ahli tersebut mengemkakan pendapat mereka tentang pengertian perubahan sosial yang berbeda-beda. 

Setiap orang itu pasti mengalami suatu perubahan. Karena tidak ada orang yang tidak mengalami suatu perubahan sosial itu. Namun perubahan sosial itu ada yang bersifat positif dan juga ada yang bersifat negatif. Bersifat positif maksudnya disini adalah membawa sebuah kemajuan baik bagi diri sendiri ataupun masyarakat. Sedangkan yang bersifat negatif itu yang sebaliknya, yaitu perubahan yang malah membawa sebuah kemunduran dalam diri sendiri ataupun masyarakat. 

 Manusia ini memiliki peran yang cukup penting untuk adanya sebuah perubahan sosial itu sendiri. Karena didalam diri manusia itu terdapat sifat yang tidak mudah puas terhadap apa yang telah dimilikinya dan nantinya manusia itu akan terus mencari hal-hal baru untuk mencapai sesuatu yang ia cari. 

Oleh karena itu, perubahan-peruban akan muncul seiring dengan berjalannya hal-hal tersebut. Suatu perubahan itu tidak dapat dilihat begitu saja tanpa adanya sebuah penelitian atau pengamatan. Karena banyak nya jumlah masyarakat maka apabila hanya dilihat begitu saja tidak memberikan hasil yang efektif. Dengan dilakukannya penelitian maka nantinya akan mendapatkan hasil yang efektif tentang perubahan sosial yang terjadi didalam kehidupan masyarakat. 

B. Konsep Perubahan Sosial

Setelah membahas tentang pengertian perubahan sosial, selanjutnya saya akan membahas tentang konsep dari perubahan sosial itu sendiri. 

Apa saja konsep perubahan sosial itu? Jadi konsep perubahan sosial ada tiga antara lain: Yang pertama yaitu adanya sebuah studi tentang perbedaan. Yang kedua yaitu sebuah studi dilakukan pada waktu yang berbeda. Yang ketiga atau terakhir yaitu adanya sebuah pengamatan terhadap sistem sosial yang sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN