Mohon tunggu...
Vina Noviana
Vina Noviana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya mahasiswa Prodi Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Negeri Semarang yang tertarik pada dunia anak terutama pada kesehatan gizi seimbang anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa PGPAUD UNNES ciptakan Media Interaksi berbasis PowerPoint tentang

16 Oktober 2025   10:31 Diperbarui: 16 Oktober 2025   18:22 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Sertifikat Apresiasi Kepada Mahasiswa PGPAUD UNNES dalam kegiatan Bhakti Akademisi. 

Karya berjudul "Piring Pelangi Sehatku"merupakan hasil pembelajaran mata pelajaran *Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)* yang menggabungkan kemampuan literasi digital dengan edukasi tentang pentingnya pola makan bergizi seimbang. Melalui kegiatan ini, peserta didik diajak untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana kreatif dan edukatif dalam menyampaikan pesan positif kepada masyarakat, khususnya mengenai gaya hidup sehat.

Dalam karya ini, siswa membuat desain digital berbentuk piring bergizi seimbang dengan tampilan menyerupai pelangi. Setiap warna pada piring melambangkan jenis makanan dan kandungan gizinya yang berbeda-beda. Warna hijau menggambarkan sayuran yang kaya vitamin dan serat, warna merah melambangkan buah yang kaya antioksidan, warna cokelat atau kuning untuk sumber karbohidrat seperti nasi dan roti, serta warna putih dan oranye untuk protein dari lauk-pauk seperti telur, ikan, tahu, dan tempe. Melalui kombinasi warna-warna cerah tersebut, siswa diingatkan bahwa semakin beragam warna makanan di piring, semakin banyak pula nutrisi yang didapatkan tubuh.

Proses pembuatan karya dilakukan menggunakan aplikasi desain digital seperti Canva, PowerPoint, atau CorelDraw. Siswa diajarkan cara mengunduh gambar dengan etika digital yang benar (tidak melanggar hak cipta), mengatur tata letak, menambahkan teks informatif, serta menggunakan elemen grafis agar tampilan menjadi menarik dan mudah dipahami. Dengan bimbingan guru, siswa juga belajar mengintegrasikan teks dan visual agar pesan tentang "Hidup Sehat dan Gizi Seimbang" dapat tersampaikan dengan jelas.

Kegiatan ini bukan sekadar tugas desain, tetapi juga merupakan bentuk pembelajaran kontekstual di mana teknologi digunakan sebagai alat untuk menyampaikan nilai kehidupan. Melalui proyek ini, siswa belajar mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, dan berkreasi (4C). Selain itu, mereka juga menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga pola makan sehat dan memahami bagaimana makanan bergizi mempengaruhi energi, konsentrasi, dan daya tahan tubuh sehari-hari.

Karya "Piring Pelangi Sehatku"juga mengajarkan bahwa teknologi bukan hanya untuk hiburan semata, tetapi dapat menjadi media pembelajaran yang inspiratif dan bermanfaat. Dengan membagikan hasil karya ini di platform digital seperti Kompasiana, siswa belajar untuk berperan aktif sebagai generasi muda yang mampu memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Mereka menjadi contoh nyata bahwa keterampilan digital dapat digunakan untuk mempromosikan pesan positif, seperti mengajak masyarakat menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan bergizi seimbang.

Secara keseluruhan, "Piring Pelangi Sehatku"merupakan karya yang mencerminkan kolaborasi antara kreativitas, teknologi, dan nilai edukatif.Melalui karya ini, peserta didik tidak hanya menghasilkan desain visual yang menarik, tetapi juga menanamkan kesadaran pentingnya hidup sehat, berpikir positif, dan menjadi individu yang cerdas dalam menggunakan teknologi di era digital.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun