Mohon tunggu...
Vinalia Agustiani
Vinalia Agustiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be Your Self

Be Your Self

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

PTM Diberlakukan, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Berikan Edukasi Pencegahan Covid-19 dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

27 November 2021   06:00 Diperbarui: 27 November 2021   13:13 92 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster Edukasi Pencegahan Covid-19 selama PTM di Sekolah

Brebes (27/11) – Selama pembelajaran tatap muka di sekolah, guna meminimalisir penyebaran Covid-19 maka perlu dilakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan. Diharapkan seluruh elemen masyarakat ikut berperan serta dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Sebagai civitas akademika, mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) turut serta dalam penanggulangan wabah tersebut, salah satunya pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata. Tema kegiatan KKN ini adalah” Sinergisitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah”

Kegiatan KKN tematik ini dilaksanakan secara offline namun masih tetap memperhatikan protokol kesehatan  untuk melaksanakan program kerjanya secara kreatif dan inovatif agar dapat tetap berjalan sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. Salah satu program kerjanya yaitu dengan melakukan edukasi pencegahan covid-19 selama masa Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah.

Kegiatan Edukasi Pencegahan Covid-19 selama PTM di Sekolah
Kegiatan Edukasi Pencegahan Covid-19 selama PTM di Sekolah

Program kerja edukasi pencegahan covid-19 selama masa Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah ini dilakukan dengan edukasi secara langsung kepada siswa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dalam kegiatan edukasi tersebut, dijelaskan tentang covid-19, gejala covid,dan bagaimana pencegahan Covid-19 terutama dalam pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah. Selain itu, para siswa juga diajarkan praktik mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan edukasi tersebut dilakukan dengan bahasa yang mudah dipahami serta dilakukannya pembagian masker gratis untuk menarik minat warga dalam pelaksanaan edukasi tersebut.

Tak hanya kegiatan edukasi yang dilaksanakan secara langsung, penyebaran informasi melalui poster kreatif juga dilakukan untuk memberikan edukasi pencegahan covid-19 selama masa Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah. Poster kreatif ini memuat informasi terkait tentang langkah-langkah belajar aman di sekolah untuk pencegahan penularan covid-19. Selain itu, poster kreatif ini juga dilengkapi dengan desain dan animasi yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membaca poster kreatif tersebut. Kegiatan edukasi secara langsung kepada siswa dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di Sekolah. Selain itu, penempelan poster juga dilakukan di Sekolah seperti di MI Misnaul Ulum Siwuluh.

Penulis : Vinalia Agustiani (Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro x Unicef, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing:

  • Adnan Fauzi S.T., M.Kom.
  •  Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.

Lokasi KKN : Desa Siwuluh, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan