Mohon tunggu...
Vina Nur Safitri
Vina Nur Safitri Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Pendidikan Indonesia

Saya suka belajar dan mengajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Ketua RT dalam Menumbuhkan Kepedulian Masyarakat terhadap Status Sosial dan Ekonomi

9 Agustus 2022   10:46 Diperbarui: 9 Agustus 2022   10:55 105 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bandung, Isola -- Mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok 20 B melakukan kegiatan pendataan untuk mengetahui kepedulian masyarakat terhadap status sosial dan ekonomi di RW 06 Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Pendataan tersebut dilakukan pada tanggal 19 Juli 2022 sampai 27 Juli 2022.

Kegiatan pendataan ini dilakukan dengan cara mewawancarai ketua RW, ketua RT, dan beberapa warga yang tinggal di RW 06. Untuk mengetahui kepedulian masyarakat terhadap status sosial dan ekonomi di RW 06 kelurahan Isola, kelompok 20 B memberikan kuisioner dan mengajukan beberapa pernyataan mengenai status sosial dan ekonomi masyarakat. 

Dalam kuisioner tersebut, responden memilih setuju, netral, atau tidak setuju, kemudian diberi penjelasan. Hasil pendataan ini bisa dilaporan kepada ketua RW atau kepada masyarakat di RW 06.

Dari pendataan tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat di RW 06 masih memiliki kepedulian terhadap status sosial dan ekonomi. Dibuktikan dengan banyaknya kegiatan yang bersifat sosial seperti kerja bakti, rutin memberikan bantuan kepada masyarakatnya yang kurang mampu, dan kegiatan lainnya.

Masyarkat di RW 06 ini memiliki status sosial dan ekonomi yang berbeda -- beda, namun meraka masih bisa hidup rukun, aman, tentram, dan sejahtera.

Dokpri
Dokpri
Yang menarik perhatian dalam pendataan ini adalah ketika mewawancarai salah satu ketua RT di RW 06. Hasil wawancaranya menunjukan bahwa ketua RT memiliki peranan yang sangat penting untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap status sosial dan ekonomi. 

Ketua RT tersebut begitu peduli dengan masyarakatnya, merangkul semua kalangan yang ada di masyarakat, dan membantu masyarakatnya yang membutuhkan. Ketua RT tersebut sudah menjabat selama 6 tahun.

Kepedulian masyarakat terhadap status sosial dan ekonomi ini penting untuk dilakukan, agar tidak terjadi kesenjangan diantara masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu ketua RT di RW 06, status sosial dan ekonomi masyarakat terkadang menimbulkan permasalahan. 

Namun, ketua RT tersebut menyikapinya dengan tenang dan bijaksana. Beliau melakukan musyawarah, kerjasama, dan cara lainnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan adanya peran dari ketua RT yang ada di daerah tersebut, masyarakatnya pun masih saling bergotong royong untuk membantu jika terdapat permasalahan yang dialami salah satu keluarga, baik itu dalam bidang ekonomi ataupun yang lainnya. Hal tersebut dikondisikan oleh pengurus yang di koordinir oleh ketua RT. Masyarakatnya pun tidak memandang status sosial dan ekonomi ketika bersosialisasi.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan