Mohon tunggu...
VILLA FITRIA
VILLA FITRIA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 1.2

25 April 2024   15:04 Diperbarui: 25 April 2024   15:09 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan CGP/dok. pri

Assalamulaikum, wr, wb.

Salam dan Bahagia 

Hai, jumpa lagi dengan saya Villa Fitria, 

Kali ini saya akan kembali menulis tentang Koneksi Antar Materi Modul 1.2 untuk memenuhi tugas yang ada pada LMS sebagai Calon Guru Penggerak. 

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

1. PERISTIWA

Moment yang paling penting yang saya dapatkan adalah mempelajari dan memahami Modul 1.1 tentang filosofi dan pemikiran Ki Hajar Dewantara, saya menyadari bahwa tugas guru adalah menuntun kodrat yang ada pada anak, sehingga mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Guru ibarat petani yang tugasnya hanya menuntun mereka menemukan potensi dan kehidupan yang lebih baik, guru menghamba pada muridnya.

Kemudian ketika mempelajari modul 1.2 momen yang paling penting yang saya dapatkan yaitu nilai dan peran guru penggerak. Lima nilai yang harus dimiiki oleh guru penggerak, yaitu berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif dan reflektif.

Keterkaitan antara modul 1.1 dan 1.2, yang saya fahami adalah bahwa tujuan Pendidikan adalah untuk menciptakan guru yang memimpin pendidikan untuk muridnya yang merdeka, berpihak pada murid dan menjadi sebaik baiknya teladan. Agar tujaun itu dapat tercapai maka guru harus memiliki nilai-nilai guru penggerak yaitu, inovatif, berpihak pada muird, kolaboratif, mandiri dan reflektif. 

2. PERASAAN
Saya merasa antusias untuk lebih banyak belajar lagi karna selama ini saya belum bisa menjadi guru yang berpihak pada murid. Dengan belajar modul 1.1 dan 1.2 saya memahami bahwa, apa yang saya lakukan selama ini belum sesuai dengan tujuan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara. Dengan adanya program guru penggerak ini, saya mengetahui dan memahami bagaimana kita seharusnya sebagai seorang guru menjadi fasilitator dan teladan yang baik untuk murid, tidak mengibaratkan murid sebagai kertas kosong yang bebas untuk kita isi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun