Mohon tunggu...
Vlar Lantang
Vlar Lantang Mohon Tunggu... wiraswasta -

Laki laki anak nagari ,di Ujung Barat Sumatera Barat (Padang ) Aia Bangih Nama Nagari nya..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Peraturan Baru di MotoGP,13 Tim dan 22 Riders Siap Bertarung di Musim 2014.

3 Januari 2014   21:19 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:11 1430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Marc Marquez keluar sebagai Juara Dunia MotoGP tahun 2013,dengan kemampuan dan skill yang maksimal, pebalap Honda ini, berhasil membuat  pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, mengubur impian nya untuk bisa mempertahankan Juara Dunia MotoGP tahun 2012.Menunggangi Motor Honda Repsol,Marc Marquez, dengan nomor lambung motor memakai angka 93,nomor lambung ini akan tetap di pertahankan oleh Marc Marquez pada musim balap 2014,tidak akan mengganti nomor 93 menjadi nomorlambung  1 (satu ).Walaupu terjun sebagai rookie ,Marc  berhasil meraih gelar Juara Dunia MotoGP musim 2014, dan memecahkan banyak rekor di MotoGP musim 2013,sekaligus membuat standard tinggi untuk pembalap pembalap pada musim yang akan datang. Sebanyak 13 tim dan 22 pebalap sudah dipastikan ikut serta dalam gelaran MotoGP 2014. Pertarungan bakal seru dengan adanya klasifikasi Factory dan Open,Menurut siaran di lansir situs resmi MotoGP,perbedaan yang terjadi pada musim balap MotoGP tahun 2014 ini adalah adanya klasifikasi Factory dan Open,pengganti klasifikasi Prototype-CRT. Ada perbedaan yang sangat urgen antara klasifikasi Factory dengan Klasifikasi Open adalah,dalam klasifikasi Open, MotoGP memberi kuota bensin yang lebih banyak, yakni 24( dua puluh empat ) liter, dibandingkan tim Factory, yang hanya 20( dua puluh ) liter untuk sekali balapan. Tim Open juga boleh menggunakan 12 ( dau belas ) mesin dalam semusim sedangkan tim Pabrikan hanya 5 (lima ) mesin saja. Perbedaan lain jika di banding dengan tahun 2013 adalah pada status mesin motor yang di gunakan,pada musim 2013,Tim resmi pabrikan dan tim satelit masuk dalam kelasPrototype sedangkan tim independen masuk dalam kelas CRT (Claiming Rule Team) . Peraturan baru sekarang pada musim MotoGP 2014 di bagi menjadi ,klasifikasi Factory-Open, klasifikasi ini  didasarkan pada penggunaan piranti lunak (software)untuk ECU, yakni piranti elektronik yang mengatur hampir seluruh mekanisme mesin.Kemudian  pada klasifikasi Prototype-CRT,( tahun 2013 ) tim pabrikan diperbolehkan membeli/mengklaim mesin yang digunakan tim CRT, andaikata tertarik dengan performa mesin tersebut.Dengan di keluarkan nya peraturan baru ini ( klasifikasi Factory dan Open ),maka mengakibatkan semua aturan tentang klaim mesin dihapuskan. Untuk tetap ber komitmen dengan aturan baru di MotoG pada musim tahun 2014 dengan dikeluarkan nya pembagian klasifikasi Factory dan Open, maka Pabrikan Honda maupun Pabrikan Yamaha sudah berkomitmen untuk menjual atau meminjamkan motor spesifikasi balap kepada tim-tim independen. Langkah ini dinilai efektif untuk meningkatkan kualitas persaingan antara tim-tim pabrikan dengan tim-tim independen.

Namun kalau dilihat dari segi lain dari  kebijakan ini,akan bisa menimbulkan bertambahnya biaya yang akan dikeluarkan oleh tim yang masuk klasifikasi Factory karena pengembangan ECU saat ini juga membutuhkan lebih banyak biaya ketimbang pengembangan motor.Dilain pihak yang masuk  Klasifikasi Open wajib menggunakan software standar MotoGP, yang dibuat oleh Magnetti Marelli,karena setiap tim wajib menggunakan piranti keras (hardware)ECU buatan MotoGP namun tim Factory boleh memprogram sendiri software-nya.

Aturan baru ini di buat agar persaingan mesin dan perangkat lunak  ( Shoftware ) di MotoGP lebih kompetitif,kualitas makin meningkat , dan memberikan rasa kepastian hukum, pada pihak pabrikan,yang dulu merasa khawatir teknologi mereka dicuri pabrikan lain, lewat peraturan klaim mesin,karena pada klasifikasi Prototype-CRT, tim pabrikan diperbolehkan membeli/mengklaim mesin yang digunakan tim CRT, andaikata tertarik dengan performa mesin tersebut.

[caption id="" align="aligncenter" width="420" caption="http://static.inilah.com/data/berita/foto/2049546.jpg"][/caption]

Bagaimapun juga semua aturan di keluarkan, diharapkan bisa meningkatkan daya tarik penimat MotoGP di seluruh Dunia dan ber kualitas,sehingga tidak mendatangkan rasa kejenuhan dan rasa bosan dikala menonton para riders bertarung di lintasan sirkuit MotoGP tahun 2014 nanti..

Daftar sementara peserta MotoGP 2014: Nomor lambung Pebalap Tim Motor Kategori 4 Andrea Dovizioso Ducati Ducati Factory 5 Colin Edwards Forward FTR/Yamaha Open 6 Stefan Bradl LCR Honda Factory 7 Hiroshi Aoyama Aspar Honda Open 8 Hector Barbera Avintia FTR Open 9 Danilo Petrucci Ioda Menyusul Open 17 Karel Abraham Cardion AB Honda Open 19 Alvaro Bautista Gresini Honda Factory 26 Dani Pedrosa Honda Honda Factory 29 Andrea Iannone Pramac Ducati Factory 35 Cal Crutchlow Ducati Ducati Factory 38 Bradley Smith Tech 3 Yamaha Factory 41 Aleix Espargaro Forward FTR/Yamaha Open 44 Pol Espargaro Tech 3 Yamaha Factory 45 Scott Redding Gresini Honda Open 46 Valentino Rossi Yamaha Yamaha Factory 63 Mike di Meglio Avintia FTR Open 68 Yonny Hernandez Pramac Ducati Open 69 Nicky Hayden Aspar Honda Open 70 Michael Laverty Paul Bird PBM/ART Open 93 Marc Marquez Honda Honda Factory 99 Jorge Lorenzo Yamaha Yamaha Factory Menyusul Menyusul Ioda Menyusul Open Menyusul Menyusul Paul Bird PBM/ART Open Salam Highlight Tanggal 4 Januari 2014

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun