Mohon tunggu...
Vilani putri
Vilani putri Mohon Tunggu... mahasiswa

....

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sumpah Pemuda, Pemuda Pemudi Indonesia Pemersatu Bangsa

28 Oktober 2020   13:05 Diperbarui: 28 Oktober 2020   13:19 9 1 0 Mohon Tunggu...

Generasi muda hakikatnya adalah dasar tiang suatu bangsa. Dengan hal ini tak luput permasalahan kebangsaan para generasi muda diliat untuk bagaimana peran dan misi utama generasi muda yang sesuai dengan cita-cita dan budi luhur . Tepatnya 85 tahun yang lalu kita, sebagai bangsa Indonesia telah melalui suatu peristiwa penting yang bernama "Sumpah Pemuda".

Kemudian, perjuangan mulai beralih pada organisasi sosial dan politik. perjuangan ini umumnya dijalankan oleh pemuda dan pelajar Indonesia. Masa ini menjadi awal dari mantapnya arah perjuangan bangsa Indonesia, yakni mewujudkan persatuan demi kemerdekaan.

sumpah pemuda merupakan awal lahirnya bangsa indonesia dan merupakan alat pemersatu bangsa ini. para pemuda saat itu berjuang mempertaruhkan jiwa raganya demi mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia yang tertindas oleh penjajah. para pemuda kemudian menyatukan diri mereka dalam tumpah darah yang satu,bangsa yang satu,dan bahasa yang satu. yakni pada tanggal 28 oktober 1928. sejak itulah 28 diperingati sebagai hari sumpah pemuda sampai sekarang.

sumpah pemuda seharusnya mengingatkan kita pada salah satu peristiwa sejarah yang penting bagi bangsa indonesia. Namun pada kenyataannya, seiring dengan berjalannya waktu,makna sumpah pemuda bagi generasi muda khususnya bagi pelajar masa kini terasa mulai memudar. rasa kebangsaan atau nasionalosme pada sebagian besar pelajar sudah mulai memudar bahkan dari dalam diri pelajar indonesia.

Berbagai macam pola perilaku generasi muda pelajar bangsa ini, seperti : tawuran antar pelajar yang terjadi di mana-mana, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, bahkan korupsi oleh pejabat-pejabat negara yang semakin meraja lela. Tentu semua perilaku tersebut tidak lagi mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi oleh para pemuda Indonesia pada beberapa tahun yang lalu.

Penulis                                     : Vilani Putri

Mata kuliah                            : kewarganegaraan

Dosen pengampu                 : Ilham Hudi,S.Pd.,M.Pd

Universitas Muhammadiyah Riau

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x