Mohon tunggu...
Vika Kurniawati
Vika Kurniawati Mohon Tunggu... Freelancer

| Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Dawet Kani, Dawet Legendaris Khas Kudus Merambah Yogyakarta

7 Oktober 2020   09:50 Diperbarui: 7 Oktober 2020   10:03 149 14 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dawet Kani, Dawet Legendaris Khas Kudus Merambah Yogyakarta
Dawet Kani. Doc:Pribadi

"Dawet Kani gimana rasanya mba?" pertanyaan mas Danial Ahsin meluncur sesaat setelah melihat saya meneguk segelas penuh Dawet Kani. 

Saya memang mengambil tempat paling strategis yaitu tepat di samping tempat pembuatan. Siang itu owner dari kedai Dawet Kani sendiri yang membuatkannya. Saya memesan Dawet Kani dengan sirup Gula Aren cair dengan potongan es batu yang asli matangnya. 

"Lembut mas dawetnya, trus pas diminum tenggorokan tidak terasa serak padahal ini santannya kental ya. Apalagi aroma pandan tahan lama wanginya!"

"Nah itu kelebihanya mba. Santan kental ini namanya Kani kalau di Kudus, kalau di Jogja nama bekennya Kanil. Coba tebak berapa butir kelapa segar yang saya pakai buat 1 wadah yang bisa buat 150 gelas ini? Saya mengolah Kanilnya ini sampai 90 menit loh. Tuh uap panasnya sampai masih menguar walau tidak ada kompor di bawah wadah." 

Bonus minum Dawet di sini tidak hanya keramaham ownernya namun juga acara tebak-tebakan. Kalau kalian beruntung, pasti dapat juga tambahan banyak cup Dawet Kani untuk dibawa pulang, memang ownernya royal. Coba deh pas kalian datang ke Dawet Kani, dapat tebakan apa dari mas Danial.

Dawet Kani Sirup Gula Aren. Doc:Pribadi
Dawet Kani Sirup Gula Aren. Doc:Pribadi

Untuk lokasi kedai Dawet kanil sih gampang ditemukan apalagi sudah tercantum di Google Maps. Kalau kalian di daerah Sleman pasti sudah biasa melalui jalan Kaliurang, nah kedai Dawet Kani ada di Km 10. Tepatnya di sebelah utara kantor BRI unit Ngaglik. Nah hanya selang dua toko, sudah terlihat spanduk kain kedai Dawet Kani dengan latar warna kuning dengan tulisan "Dawet Kani" berwarna hijau. Bisa pesen skala besar langsung ke kedainya atau tanya detailnya ke admin akun Instagram @dawetkani ya. Bukanya mulai pukul 9 pagi sampai 4 sore, dan bisa dipesan via go food segera pastinya.

"Hum, 15 butir kelapa ya mas? Kental gini loh!" jawaban saya sambil memandang santan yang diaduk-aduk untuk membuatkan segelas lagi. Bukan buat saya, tapi pembeli yang memesan empat cup Dawet Kawi dengan sirup Frambros. Iya, untuk awal promo ada dua varian sirup yang bisa dipilih. Pstt kedua sirupnya asli homemade mas Danial sendiri, mana tidak pelit saat menuangkannya. Oya per varian sirup dengan kapasitas 1 liter bisa untuk 40 gelas Dawet Kani.

Kani Panas. Doc:Pribadi
Kani Panas. Doc:Pribadi

Ada jeda 6 menit diantara jawaban tebakanku dengan jawaban mas Danial. Dan setelah empat cup sudah di tangan pembeli, acara tebak-tebakan kami dilanjutkan. "Tambah lima butir kelapa lagi mba. Aku butuh 20 butir kelapa segar setiap harinya. Bisa jadi akan bertambah seiring perkembangan penjualan apalagi harga promo 6 ribu begini menarik banyak pelanggan. Selanjutnya akan ada varian baru plus tambahan topping. Bisa durian atau kopi, kan banyak penggemar kopi di Jogja."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN