Mohon tunggu...
Viecri Bendarwis Adikara
Viecri Bendarwis Adikara Mohon Tunggu... manusia yang berusaha memanusiakan manusiaūüĒÖ

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM: 20107030058

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Gaungkan Produk Lokal! Compass Siap Melejit dan Mendunia!

4 Maret 2021   21:05 Diperbarui: 5 Maret 2021   22:21 385 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaungkan Produk Lokal! Compass Siap Melejit dan Mendunia!
localpride.com

Siapa sih yang dari kita saat berpergian suka sekali menggunakan oufit yang menarik? Tentunya semua orang dari kita pastinya akan mempercantik dan membikin suasana diri kita sendiri di menjadi menarik, betul bukan hayoooo kalian semua ngaku. Di Indonesia sendiri seperti itu merupakan hal yang sangat wajar dan lumrah karena ingin mengunggah di instastory dan bahkan ada juga yang membuat feeds instagram. Berbicara mengenai outfit pasti disini semua ingin terlihat menggunakan barang-barang branded, iya kan?  Eitss, tunggu dulu! Masa kalian sebagai warga negara Indonesia yang baik dan benar tidak ingin menggunakan outfit brand lokal Indonesia sendiri sih? Padahal tidak kalah keren loh jika kalian menggunakan oufit lokal khas muda-mudi anak bangsa Indonesia ini loh, masa sih kalian tidak percaya, yuk kita lihat buktinya.

 Di Indonesia sendiri seiring dengan berkembangnya zaman pengetahuan dan skill setiap individu kini banyak sekali pabrik-pabrik sepatu maupun baju kekinian yang tentunya untuk oufit of the day atau yang biasa disebut OOTD untuk kalangan milenial, selain itu munculnya produk-produk lokal indonesia ini bertujuan untuk menguggah dan melestarikan anak-anak muda sekarang untuk mencintai produk lokal khas tanah airnya sendiri, banyak sekali produk-produk khas Indonesia kok seperti Piero, Buccheri, League, Tomkins, Yongki Komaladi, Ardiles, Brodo, Compass, Carvil,  Exodos57,  Pijak Bumi, Patrobas, Ventela, Eagle dan masih banyak lagi. Itu semua merk-merk khas lokal indonesia mungkin Jenis dan model yang beragam dari semua merk yang beredar di benak masyarakat indonesia khususnya pecinta brand lokal mungkin akan membuat Kamu kesulitan dan bingung untuk memilih model yang tepat. Apalagi berbagai aktifitas menuntut untuk menggunakan alas kaki dengan jenis yang berbeda-beda dan Pastinya harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk kerja, sepatu olahraga, sepatu sport, sepatu lari, sepatu kets untuk gaya atau hanya sekedar untuk jalan-jalan ke mall maupun dipakai sehari hari.

Merk sepatu yang hingga saat ini masih mencuri dan menyita perhatian kalangan masyarakat indonesia yang mencintai akan produk lokalnya yakni sepatu Compass, sepatu ini berdiri pada tahun 1998 namun pada awal berdirinya sepatu ini sempat mengalami kebuntuan setelah mengalami kebuntuan yang sangat lama kemudian sepatu ini mulai memunculkan kebangkitanya, Kebangkitan Compass diawali pada 2017 ketika Aji Handoko sang creative director bergabung dan mengambangkan sisi kreatif dan strategi bisnis, pada saat itu yang muncul adalah sepatu Compass edisi Gazelle hingga pada akhirnya setelah dirilis seri itu, masyarakat Indonesia sangat antusias akan kehadiran sepatu itu hingga sampai melejit hingga sekarang, Melejitnya sepatu Compass dan rentetan kolaborasi epic ini semakin mmemmbuat kompas semakin memmbanggakan. 

Seiring dengan itu, gerakan #IndoPride kemudian #Localpride sebagai wujud cinta produk lokal dan ekosistem dikampanyekan oleh komunitas juga sejumlah influencer membuat sepatu Compass semakin diburu. Hingga pada satu titik muncul istilah Sepatu Gaib. Mungkin karena banyak yang kesulitan ketika akan membeli sepatu ini. Bagaimana tidak, pada setiap rilis tipe atau model terbaru sepatu Compass selalu habis dalam hitungan jam bahkan menit. 

Spirit dan nilai perusahaan inillah yang membawa Aji untuk menggunakkan tagline "Sepatu Rakyat" dan juga sebutan "Teman Compass" untuk para pecinta sepatu ini. Untuk harganya sendiri menurut teman-teman dilapangan yang sudah memakai sepatu ini mungkin dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni tergantung seri apa dulu yang ingin kita gunakan akan tetapi masih di harga kisaran 300 ribu sampai 500 ribuan akan tetapi yang kemarin keluar seri 98 vintage diharga sebesar Rp 698.000 dan untuk seri yang di desain oleh Pot Met Up ini diharga sebesar Rp 512.000, karena ini merupakan suatu barang yang langka oleh karena itu perusahaan Compass berani mengambil harga tinggi dan menuai hasil dan antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat banyak.

Bahan dari sepatu lokal Indonesia ini tentunya dipilihkan material yang berkualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri, hal ini bertujuan untuk para penggunannya agar tetap nyaman dan fleksibel saat memakainya  "Materialnya twill. Bahannya nggak setebal kanvas dan lebih lentur, jadi nyaman dipakai," ungkap fajar yang setia pengguna sepatu Compass ini,

MENGAPA SIH KITA HARUS MEMBELI PRODUK LOKAL INDONESIA?

1. Mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan kita memilih produk lokal, berarti kita telah membantu ikut andil pemerintah untuk menjalankan roda perekonomian Indonesia

2. Memberdayakan komunitas lokal dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Umumnya, produk lokal akan mengolah sumber daya dari daerah lokal untuk dijadikan bahan baku yang berkualitas dan untuk menjalankan usaha tersebut juga akan memberdayakan sumber daya manusia di daerah sekitar. Dengan begitu lapangan pekerjaan baru akan tercipta. Lalu, angka pengangguran usia produktif dapat berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x