Pada pertengahan November 2018, Tokopedia melebarkan bisnisnya dengan memperkenalkan layanan Mitra Tokopedia di Indonesia. Layanan ini dikhususkan untuk membantu para pegiat usaha tradisional, pemilik warung dan toko kelontong agar dapat mengembangkan bisnisnya melalui pemanfaatan teknologi.
Viccy Putialyunissa, salah satu peserta KKN Tematik UPI 2021, yang merupakan mahasiswa UPI melaksanakan kegiatan UMKM Go Digital di Desa Pamegarsari, Parung, Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline kepada UMKM dan Warga yang menjadi sasaran kegiatan. Topik yang diangkat berupa Pemberdayaan UMKM Go Digital
Untuk itu, Viccy membina, memberikan informasi, mengedukasi, serta memberikan solusi kendala kepada UMKM. Pendekatan yang dilakukan pun berbasis komunitas yang efektif untuk menjangkau para pelaku UMKM.
Untuk bergabung dengan Mitra Tokopedia pun tidak sulit. Mereka yang mau bergabung bisa langsung mengunggah aplikasi Mitra Tokopedia, masukan nomor handphone, dan diperlukan foto KTP untuk verifikasi.
Di aplikasi ini tersedia artikel-artikel yang membantu mitra mengembangkan bisnisnya, mulai dari cara hitung untung, hingga penggunaan fitur-fitur. Fitur bisnis yang tersedia di aplikasi Mitra Tokopedia adalah penjualan digital, yaitu berupa voucher pulsa dan game online, pembayaran tagihan listrik, BPJS, hingga token listrik PLN. Satu lagi adalah grosir, yaitu menyediakan produk-produk FMCG (fast-moving consumer goods) yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
1. Murah: belanja kebutuhan warung dengan harga murah untuk dijual kembali dan dapat gratis ongkir
2. Untung: ada promo cashback langsung dari pembayaran berbagai tagihan
3. Mudah: semua dalam 1 aplikasi
4. Cepat: pengiriman barang menggunakan same day delivery
"Menurut saya pada masa pandemi Covid-19 yang tidak berujung ini, para pelaku UMKM perlu Go Digital agar tetap bisa bersaing pada masa yang sulit ini", Â ujar Bapak Trisno yang mengajak UMKM lainnya untuk Go Digital dikarenakan sudah merasakan sendiri manfaatnya.