Mohon tunggu...
Vera Shinta
Vera Shinta Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community' (KBC)

Menulis adalah pelarian emosi paling sexy

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mendapat Vitamin C dari Segarnya Asinan Bogor

25 Maret 2020   15:36 Diperbarui: 25 Maret 2020   15:49 69 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendapat Vitamin C dari Segarnya Asinan Bogor
Asinan sayur dan asinan buah | dokpri

Panas terik menjadi tergelitik saat terbersit asinan Bogor yang segar. Terbayang pedas dan asamnya racikan buah dan sayur dihidangkan pada cuaca hari ini. Selain segar tentu saja buah dan sayur itu mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh kita.

Di sebrang toko Intisari yang menyediakan berbagai aneka bahan panganan di Purwokerto, ada gerobak asinan yang telah lama berjualan. Tadinya gak pas didepan situ tapi karena tidak boleh lagi untuk berjualan jadi pindah kesebrangnya.

Dokpri
Dokpri

Penjual asinan ini biasanya selalu ada saja yang tengah duduk menikmati asinan ataupun rujak buahnya di tempat atau mengantri untuk dibungkus. Kali ini sepi dan terlihat masih utuh sayur-sayur di toples kacanya. Kebetulan kalau sepi jadi tidak terlalu lama mengantri. Ternyata benar belum ada seorangpun yang memesan rujak buah, cobek besar masih bersih tidak ada bekas ulegan gula merah.

Asinan sayur | dokpri
Asinan sayur | dokpri

Harga asinan sayur, asinan buah dan rujak buah harganya sama 12 ribu rupiah. Asinan sayur terdiri dari sawi hijau, wortel, tauge yang semula direndam cairan cuka didalam toples agar awet dan meresap rasanya. Lalu dicampur ditambahkan irisan tahu kuning, nanas, mentimun, kacang tanah goreng dan sambal sesuai selera, baru setelah itu disiram kuah asam terdiri dari olahan gula merah dan cuka. Sebegai pelengkapnya dikasih mie goreng dan siap dinikmati.

Dokpri
Dokpri

Asinan buah sudah dibungkus perporsi pakai plastik dan dimasukkan ke termos berisi es batu agar selalu dingin, terdiri dari berbagai buah yang diiris kasar seperti pepaya, bengkoang, nanas dan jambu air yang rasanyapun segar manis asam. Begitu juga dengan rujak buah sudah tersedia banyak macam buah segar tinggal diiris dan diuleggan gula merah, cabai, terasi dan garam maka terbitlah liur ingin segera menyesar nikmatnya.

Asinan buah dan sayur ini tentu saja bagus untuk kebutuhan vitamin C dalam tubuh, apalagi sedang musim corona seperti sekarang ini. Perbanyaklah makan buah-buahan dan minum air putih selain makan makanan yang bergizi. Semoga pandemi corona segera sirna dari Indonesia dan kehidupan kembali normal nyaman.

Salam hangat dan sehat

KBC-26 | Brebes Jawa Tengah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x