Venusgazer EP
Venusgazer EP Freelance

#You'llNeverWalkAlone |Twitter @venusgazer |email venusgazer@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mengintip Confero S di Medan, MPV Paling Value for Money dari Wuling Motors

4 Januari 2018   11:12 Diperbarui: 4 Januari 2018   15:09 2694 9 7
Mengintip Confero S di Medan, MPV Paling Value for Money dari Wuling Motors
Wuling Motors Sisingamangaraja Medan

Baru pada Kamis (7/12/2017) siang saya berkesempatan untuk melihat dari dekat Confero S. Bahkan bisa duduk di belakang kemudi Confero. Sebenarnya sejak Juli lalu, Wuling Confero sudah wira-wiri di jalanan kota Medan. Bikin penasaran, karena media menyebutkan bahwa Confero S bakal jadi pesaing serius kendaraan keluarga dari pabrikan asal Jepang.

Pada kunjungan pertama di showroom Wuling Motors yang berada di Ruko Medan Bisnis, jalan Ring Road,mata saya langsung tertuju pada sebuah unit MPV berwarna merah.Ternyata itu adalah Confero S. Warna merahnya menyiratkan kemewahan dan tidak tampak norak.Lagian kebanyakan MPV kalau tidak hitam, putih atau silver warnanya. Warna-warna mainstream untuk mobil di Indonesia.Sebuah MPV yang saya pikir tampak sangat elegan, sporty dan stylish.

Setelah mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan pada staff di situ, saya diarahkan untuk naik ke lantai dua bertemu dengan Pak Maruli.Walau sedang sibuk, Pak Maruli menyambut saya dengan hangat. Karena beliau lebih banyak bekerja pada bagian back office, saya disarankan untuk bertemu langsung dengan Pak Rudi yang lebih mengetahui lebih detail mengenai Confero. Tetapi tidak pada hari itu karena beliau sedang tidak berada di kantor. Saya disarankan untuk datang lebih pagi keesokan harinya, atau hari minggu atau libur nasional karena showroom tetap buka tanggal merah sekalipun.

Turun dari lantai 2 tampak sebuah keluarga sedang mengamati dari dekat sebuah Confero S berwarna putih.Lalu si bapak masuk ruang pengemudi. Sepertinya hendak mencari tahu kenyamanan apa yang diberikan Confero S jika ia membeli MPV tersebut.

Confero S Merah yang keren
Confero S Merah yang keren

"Ternyata kehadiran Confero mendapat respon positif dari masyarakat Medan."Pikir saya dalam hati.Padahal image masyarakat terhadap mobil-mobil Cina dibilang kurang bagus.Mobil-mobil Cina  raport merah untuk layanan purna jual.

Kamis (7/12/2017) saya sengaja meluangkan waktu untuk kembali datang ke showroom Wuling Motors. Baik itu yang ada di Jalan Ring Road maupun Sisingamangaraja. Mencoba mencari tahu lebih jauh Confero S. Termasuk bagaimana juga pelayanan mereka terhadap konsumen maupun kesiapan layanan purnajualnya.

Sebagai informasi, Wuling Motors mempersembahkan 3 varian Confero bagi masyarakat Indonesia. Yaitu Confero tipe standar, Confero S -- C (menengah), dan Confero S -- L sebagai Confero tipe tertinggi. Semuanya memiliki mesin berkapasitas 1.495 cc dengan teknologi terkini DVVT. Tentu membuat suara mesinnya lebih halus dan irit bahan bakar.Walaupun mobil ini berpenggerak roda belakang.

Bersama barisan Confero S
Bersama barisan Confero S

Harga Confero tipe standar dibandrol 140 jutaan dan 170 jutaan untuk tipe tertingginya.Ini harga OTR untuk Medan dan sekitarnya.Terus terang saya agak terkejut mendengar penjelasan Bernike Purba, sales counter Wuling Motors. Harga yang tergolong affordable untuk sebuah kendaraan multi fungsi.

"Lho kok harganya nggak jauh sama mobil LCGC ya?" tanya saya dalam hati. Nyaris tak percaya!

Kok bisa sih Wuling harganya segitu? Duh, jangan-jangan ini mobil asal bisa nggelinding dan muat banyak orang saja.Tetapi setelah melihat lebih dekat, ternyata mobil ini jauh dari kesan mobil murahan.Faktanya, Konsumen bakal mendapatkan MPV premium dengan harga segitu.Apa saja sih keistimewaan Confero?

Saya langsung mendekati Confero S warna merah yang sebelumnya sudah bikin hati kepincut.Bukan karena warna mobil ini saja yang saya suka, namun penampilan itu yang sporty dan stylish. Apalagi kalau dilihat dari depan. Sesuai sekali dengan arti huruf S pada Confero S yang artinya Sporty.

Pada kap mesin terdapat  garis-garis  dimensi yang memberi kesan kokoh dan maskulin. Grille dan bumper dibuat simple dengan sentuhan krom.Persis mobil-mobil eropa saat ini.

Sedangkan untuk lampu depan (headlamp), Wuling ternyata tidak pelit dengan memberi projector lamp pada semua seri Confero. Pada bumper depan terdapat fog lamp berbentuk persegi, tidak bulat seperti pada umumnya. Tidak ketinggalan sepasang lampu DRL (daytime running light) yang dipasang agak miring.Lagi-lagi posisi yang tidak mainstream.DRL ini bakal mati sendiri ketika lampu utama menyala. Padahal MPV lain yang harganya 200 juta keatas tidak diberi lampu DRL.

Dari sisi samping Confero S tampak berotot dengan hadirnya garis mulai dari tepi headlamp sampai ke belakang. Lalu ada tambahan side body moulding,  perpaduan krom dan hitam yang memberi kesan stylish dan mewah. Hadirnya warna hitam seperti sengaja untuk menyeimbangkan warna dasar mobil dengan warna krom.

Semua varian Confero menggunakan ban ukuran 195/60 R15.Membuat mobil ini dapat melaju dengan nyaman dan mampu bermanuver dengan baik.Confero S semakin cantik karena velgnya sudah two tones.Sedangkan Confero (tipe standar) masih menggunakan velg kaleng.

Dengan ground clearance 20,5 sentimeter, Confero bakal aman saat melewati jalan berbatuan maupun genangan air di musim hujan. Paling penting juga kita tidak bakalan kawatir mobil bakal nggajruk saat melintasi polisi tidur.

Pada bagian atas Confero S terdapat roof rail yang memberi kesan dinamis dan sporty. Roof rail ini cukup kokoh untuk memuat sepeda gunung atau roof box.Sangat cocok bagi yang suka kegiatan outdoor.Apalagi membawa keluarga besar besar mudik mudik lebaran.

Sedangkan antena pada Confero S sudah model pole. Bukan antena model tarik yang kita tahu penerimaan sinyalnya kurang baik saat ke luar kota. Tidak ada lagi cerita nyetir sambil narik-narik antena.

Pada bagian belakang, Confero S memiliki keistimewaan dibandingkan kompetitornya. Mobil ini dilengkapi lampu kabut pada bagian belakang jenis LED. Jadi bukan reflector biasa.

Terdapat spoiler pada bagian belakang Confero. Pemberian spoiler yang dilengkapi lampu rem LED selain memberi efek aerodinamika, tetapi mampu menambah faktor safety dalam berkendara. Spoiler juga memperkuat kesan sporty dan mewah pada penampilan Confero S.

Oh ya, untuk Confero S tipe L sudah dilengkapi dengan kamera belakang. Parkir mundur tidak susah lagi. Tinggal lihat pada monitor headunitnya yang sudah double DIN. Penting nih, terutama saat parkir dalam kondisi hujan deras atau malam.  Pengemudi kadang kesulitan jika hanya mengandalkan kaca spion saja.Pokoknya sisi safety diutamakan.Dan semakin lengkap karena dilengkapi dengan 6 sensor parkir. Dua di depan dan 4 pada bagian belakang.

Interior Confero S

"Duh, joknya empuk banget!" kata saya dalam hati saat mencoba duduk di bangku pengemudi.

Padahal lapisan busanya cukup tebal.Ada MPV yang harganya jauh di atas Confero malah joknya keras yang bikin pantat cepat panas.Ini sangat mengganggu kenyamanan berkendara.Shape jok sepertinya dibuat sesuai dengan bentuk tubuh orang asia. Semakin sempurna dengan sandaran kepala yang bisa diatur ketinggiannya.

Jok empuk bikin nyaman perjalanan keluarga
Jok empuk bikin nyaman perjalanan keluarga

Kaki saya pun posisinya tidak menggantung dan paha jadi tertopang dengan nyaman.Karena panjang jok pas dengan lipatan tungkai. Jadinya tidak bikin lelah saat menginjak pedal gas dan kopling.

Terus terang untuk jok, sayangnya belum bisa diatur tinggi-rendahnya. Tetapi sebenarnya bukan masalah yang prinsipil karena jarang juga pengemudi mengatur tinggi rendah jok.Jok yang bisa disliding dan reclining pada Confero sudah cukup membantu kenyamanan mengemudi kita.

Kemudi Confero sudah tilt steering. Sehingga bisa diatur ketinggiannya untuk menyesuaikan keinginan pengemudi.Pada kemudi sendiri juga sudah dilengkapi airbag sebagai perlengkapan standar keselamatan. Hanya pada kemudi Confero tipe tertinggi, Confero S -- L, sudah dilengkapi dengan switch control.

Ruang kemudi mewah dan ergonomis
Ruang kemudi mewah dan ergonomis

Nah, di bagian interior Confero inilah kita bakal semakin tahu kalau mobil keluarga ini value for money. Wuling Motors coba memberikan fitur-fitur yang hanya dimiliki mobil-mobil mewah.

Anda masih sibuk mencari tuas pembuka tutup bensin di bawah jok saat hendak mengisi BBM?Tutup tanki bensin pada Confero semua tipe sudah elektrik lho.Ada tombol tersendiri di bagian dashboard. Berdampingan dengan pengatur ketinggian arah lampu depan.

Mau yang lebih canggih? Confero S ternyata bisa mendeteksi tekanan angin pada semua ban lewat monitoring tire pressure system. Tampilannya mudah terbaca lewat layout MID (multi information display) yang juga bisa memberi tahu saat pintu belum rapat.Tidak sekedar tanda nyala lampu atau sound alarm.Jadi fungsi MID tidak sekedar menampilkan trip meter atau sisa bensin saja. Cukup canggih bukan?

Satu hal yang menarik perhatian saya adalah jam analog yang tertanam tepat berada di tengah-tengah dashboard. Jam ini sungguh memberi kesan klasik sekaligus classy. Kita tidak bakal menemukan jam analog mewah di kendaraan sejenis lainnya.

Masih di bagian depan, saya suka dengan tombol-tombol AC Confero S. Bentuknya tidak seperti tombol kompor gas, tapi bulat seperti tombol AC sedan mewah. Putarannya juga lembut.Lengkap dengan pilihan arah semburan.

Saya mencoba menjajal duduk dibaris kedua Confero S yang 7 seater.Kursi penumpang model captain seat jelas memberi kenyamanan personal.Tidak bakal rebutan armrest dengan penumpang lain. Melakukan perjalanan jauh dengan Confero S ini pasti menyenangkan.

Confero S yang 8 seater pun tidak kalah nyaman. Leg room tergolong lapang tanpa harus memundurkan bangku.Sedangkan untuk masuk ke bagian belakang juga sangat mudah. Cukup simpel karena mengadopsi sistem one-touch tumble. Sekali lipat dalam satu sentuhan saja.

Ternyata Confero benar-benar sesuai dengan motonya, The Real Spacious Family MPV. Mobil ini sama sekali tidak bongsor tapi mampu memberi kelegaan. Bisa jadi karena Confero sengaja diciptakan agak lebih tinggi sehingga ada jarak yang cukup antara kepala dengan langit-langit mobil.

Penumpang pada baris ketiga pun tetap bisa merasakan kenyamanan dan keamanan Confero S dengan tersedianya headrest.Lengkap dengan sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang baris ketiga.AC Confero S juga sudah double blower. Nah, yang tidak ada di MPV lain adalah tersedianya colokan untuk ngecharge hp pada baris ketiga ini.

Bagaimana dengan bagasinya?Sepertinya ruang bagasi Confero S paling panjang untuk kelas MPV. Confero jelas lebih dari sekedar mampu memuat 4 galon AQUA. Jika ingin memuat lebih banyak barang? Tinggal lipat saja kursi baris ketiga. Bisa semua atau cukup satu kursi saja yang dilipat.Sesuai dengan kebutuhan.

Ada fitur-fitur modern lain yang dimiliki Confero dan Confero S. Terutama tipe Confero S tipe L yang memang didesain menjadi mobil keluarga yang mewah.Penasaran? Datang saja ke dealer Wuling Motors terdekat. Cek di sini untuk daftar dealer di Indonesia. Beruntung saya bertemu dengan Kepala Cabang Wuling Motors untuk wilayah Sumatera Utara.

Dikatakan bahwa konsumen Wuling di Medan tidak perlu kawatir terhadap layanan purnajual Confero. Dealer Wuling Motors Sisingamangaja tidak hanya melayani sales, tetapi juga service dan spare-part.

Semua didukung secara penuh oleh PT SGMW Motor Indonesia. Confero sendiri diproduksi di dalam negeri. Pabrik yang diresmikan Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla Juli 2017 itu berlokasi di Greenland International Industrial Center Cikarang Jawa Barat.

Menempati lahan seluas 60 hektar yang terbagi 30 hektar untuk pabrik dan sisanya diperuntukan sebagai supplier park. Semuanya itu guna menunjang target 120 ribu unit per tahun.

Dengan nilai investasi 700 juta dollar Amerika Serikat menunjukan bahwa Wuling tidak sedang 'main-main' dalam memasuki pasar otomotif nasional. Wuling Indonesia coba mengalahkan stigma bahwa mobil pabrikan asal Tiongkok itu 'kacangan'.

Sampai akhir tahun, Wuling Motors Indonesia sendiri bakal memproduksi sekitar 8000 unit kendaraan.Tercatat Wuling Motors Indonesia sudah membuka 52 dealers di hampir semua kota besar di Indonesia. Jumlahnya tentu akan semakin bertambah seiring waktu.

Demi kepuasan pelanggan, semua produk Wuling mendapat layanan garansi umum selama 3 tahun atau 100.000 km.Garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 km, serta garansi suku cadang selama 1 tahun. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Kini persaingan untuk kelas MPV semakin ketat dengan hadirnya Wuling Confero dan Confero S. Semakin banyak pilihan tentu semakin baik bagi masyarakat.Apalagi jika ada pilihan kendaraan yang terjangkau namun memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.Namun tetap mengedepankan faktor safety.

Tidak dipungkiri bahwa Wuling Confero adalah kendaraan keluarga yang sangat value for money.By the way, mau tahu arti kata Confero?Kata Confero diambil dari Bahasa Latin yang artinya 'untuk menyatukan'.Kalau dalam Bahasa Inggrisnya to bring together.

Jadi sepertinya pas sekali dengan sosiologis masyarakat Indonesia yang senang guyub atau kebersamaan. Salah satu faktor yang menjadi alasan keluarga Indonesia lebih memilih MPV dibanding jenis lain.Dan sepertinya Confero sudah menjawab semua kebutuhan itu.

Kehadirannya Confero S sendiri selaras dengan semboyan Wuling Motors yaitu "Drive For A Better Life". Wuling hadir di Indonesia bukan sekedar ingin jualan mobil semata.Melainkan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Bagi keluarga  dan Indonesia secara keseluruhan. Kini dan masa yang akan datang.