Mohon tunggu...
Velina Sani
Velina Sani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa teknologi pangan tahun 2020

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengalaman Praktik kerja Lapang (PKL) di Bidang Research and Development (RnD) di PT Health Today Indonesia

23 Oktober 2023   18:42 Diperbarui: 23 Oktober 2023   18:52 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Trial Coffee Jelly Topping (dokumentasi pribadi)

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bentuk kegiatan pelatihan dengan cara bekerja secara langsung/terjun langsung ke lapangan dengan bidang tertentu. Praktik Kerja Lapangan (PKL) bertujuan untuk melihat dan terlibat secara langsung bagaimana sistem perusahaan dapat berjalan, tentunya didasari dengan teori-teori yang sudah diperoleh mahasiswa selama perkuliahan. Selain itu, PKL juga bertujuan untuk menambah wawasan dan experience bagi mahasiswa, serta mengasah softskill dan hardskill mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada diperusahaan. 

Saya Velina Sani, Mahasiswa Teknologi Pangan angkatan 2020, Universitas Al-Azhar Indonesia, yang saat ini sedang memasuki perkuliahan semester 7. Saya ingin membagikan pengalaman saya saat melakukan Praktik Kerja Lapang (PKL) di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pangan, yaitu PT. Health Today Indonesia yang berlokasikan di Taman Tekno BSD Sektor XI Blok J3/40 BSD City, Setu, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

 PT. Health Today Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak sebagai supplier penyedia bahan baku/ingredient suatu minuman. 

Praktik Kerja Lapang (PKL) yang saya lakukan dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai 14 September 2023, setiap Senin-Jumat. Bidang yang saya perdalam selama PKL yaitu Research and Development (RnD) yang bertugas untuk mengembangkan formulasi bahan baku untuk berbagai macam minuman. Selain itu, RnD juga bertugas untuk melakukan memeriksaan second supplier bahan baku apakah kualitasnya sama dengan standar yang dimiliki perusahaan tersebut. 

Selama 1,5 bulan menjalankan PKL, saya ditugaskan untuk membantu dalam melakukan pemeriksaan second supplier bahan baku dan melakukan pendataan terhadap bahan baku yang dikonfirmasikan sudah sesuai dengan standar. Selain itu, saya memiliki tugas khusus yaitu melakukan pengembangan formulasi produk topping coffee jelly. 

Ada beberapa tahapan yang saya lakukan dalam pengembangkan formulasi coffe jelly tersebut. Tahapan awal yaitu melakukan riset market terhadap coffee jelly yang sudah beredar di masyarakat dan mengumpulkan jurnal terkait coffee jelly. Setelah itu, melakukan riset terhadap Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang akan digunakan dalam coffee jelly meliputi karakteristik nya, selanjutnya membuat formulasi (list bahan baku) yang akan digunakan dan membuat diagram alir proses pembuatan coffee jelly. Setelah itu, dilanjut dengan membuat prototype yang nantinya akan dianalisa. 

Secara garis besar, pengembangan formulasi ini bertujuan untuk mencari formulasi terbaik/terpilih berdasarkan beberapa hal yang sudah dipertimbangkan, mulai dari karakteristik sensorinya, dan jumlah bahan baku yang digunakan.

Melalui kegiatan PKL ini, saya memiliki pengalaman dan wawasan terhadap dunia kerja, lebih tepatnya bagian Research and Development (RnD) seperti ranah RnD dan tanggung jawab nya. Lingkungan kerja tempat saya melakukan PKL sangat menyenangkan dan membuat saya merasa nyaman magang di sana. 

Terdapat 3 mentor yang terlibat langsung untuk mengajarkan dan memberikan wawasannya kepada saya. Kepada Kak Oky Oktafiani S.TP, Kak Stella Pramaisella S.TP, dan Kak Risqi Dwi Saputro S.TP saya sangat berterima kasih atas ilmu yang sudah diberikan kepada saya selaku mahasiswa magang. 

Kesan baik yang ditinggalkan oleh para mentor membuat saya merasa memiliki pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Saya berharap juga meninggalkan kesan baik selama saya melakukan magang disana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun