Mohon tunggu...
Varhan Lumiu
Varhan Lumiu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jangan lupa Tidur

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Simak Tujuh Tips Ini, Jika Kamu Ingin Traveling Sendirian

24 Januari 2024   19:55 Diperbarui: 24 Januari 2024   22:21 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Halo sobat Traveler dimana pun kalian berada.Traveling sendirian memang selalu mengesankan untuk dapeting pengalaman baru dihidup kalian.Apalagi jika kamu adalah orang yang tidak suka diatur oleh orang lain ketika sedang pergi untuk liburan.Kamu juga bisa jauh lebih bebas untuk mengeksplore beberapatempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Namun,jangan lupa dengan beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin traveling sendirian.Tujuannya supaya Kamu gak merasa bingung atau kesepian walaupun perginya sendirian. Nah, berikut ini 7 tips traveling sendirian ala seorang travel enthusiast, Kalena Efris yang perlu diperhatikan agar perjalanan traveling nanti jadi menyenangkan.

1.) Menyiapkan Dana Anggaran Liburan.

Menyiapkan atau membuat rincian belanja selama traveling itu sangatlah penting buat Kamu yang ingin menikmati nuansa traveling murah meriah. Dengan begitu Kamu tidak akan kehabisan uang saku selama perjalanan berlangsung. Terlebih pergi berlibur sendiri, jadi besar kemungkinan gak ada yang bisa nolong Kamu jika nanti kehabisan budget.

Sebagai tips traveling yang hemat, Kalena Efris menyampaikan tentang pentingnya rincian anggaran yang jelas, mulai dari berangkat sampai kembali ke rumah. Kamu harus ingat, jangan egois! Selama kamu traveling, ikuti rinciann pengeluaran di daftar yang telah kamu buat. Jangan mentang-mentang Kamu sendiri dan bebas berbuat apa aja, Kamu jadi lalai dalam membelanjakan uang. Bisa-bisa nanti Kamu kehabisan uang sebelum pulang.

2.) Mencari Referensi Penginapan dan Destinasti Wisata.

Ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kamu ketika traveling sendirian.Kamu harus mencari tahu informasi tempat tinggal/penginapann ketika berlibur dan juga sudah membuat daftar tujuan wisata sebelum berangkat agar kamu tidak merasa kebingungan harus kemana.

Beruntung bagi kita karena hidup dijaman yang sudah modern,karena kamu dapat mencari informasi dengan sangat mudah serta kamu dapat menggunakan petunjuk arah dengan tepat dan cepat.

3.) Tetap Menjaga Komunikasi Dengan Orang Rumah atau Kerabat.

Kamu harus selalu mengusahakan untuk menjaga komunikasi dengan orang terdekat / keluarga, karena sangat penting untuk menjaga keamananmu selama traveling.Lakukanlah dengan rutin menghubungi orang terdekatmu ketika travelingmu berpindah-pindah. Tips ini juga penting bagi solo traveling untuk perempuan.Karena perempuan akan sangat rentan sekali terhadap hal-hal yang bersifat ancaman ketika berpergian sendiri.

Pergi jalan-jalan sendirian memang asyik. Tapi jangan berlebihan, karena ada resiko yang kemungkinan dapat Kamu alami. Untuk itu, selagi Kamu bisa menghubungi keluarga kenapa tidak? Terlebih saat travelingmu di tempat yang sukar dijangkau. Bisa bahaya buat keselamatan diri sendiri, terutama untuk kalangan wanita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun