Mohon tunggu...
Vanessa Karsten
Vanessa Karsten Mohon Tunggu... Freelancer - is not really a writer

Mengabadikan momen lewat tulisan. Dian Harapan '21.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Strategi Generasi Muda Menghadapi Arus Dunia

26 Oktober 2020   16:53 Diperbarui: 26 Oktober 2020   17:05 263 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Generasi Muda Menghadapi Arus Dunia
Dampak Perkembangan Teknologi(dokumentasi probadi)

 

Di era sekarang, globalisasi merupakan hal yang kerap kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi itu sendiri merupakan fase perubahan yang terjadi pada masyarakat di seluruh belahan dunia, dimana terjadi ketergantungan antar manusia maupun bangsa yang saling mempengaruhi satu sama lain. 

Globalisasi banyak memberikan pengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan seperti aspek politik, sosial budaya dan aspek ekonomi. Proses ini tidak bisa muncul dengan sendirinya, namun didorong dengan beberapa faktor seperti adanya peluang mendalamnya ilmu pengetahuan, perubahan transportasi, banyaknya perusahaan multinasional yang turut mempengaruhi perekonomian nasional, serta perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (IPTEK).

Globalisasi tidak akan berkembang tanpa adanya dorongan ataupun faktor yang mendukung. Faktor eksternal pertama, adanya kebebasan pasar global. Hadirnya perdagangan bebas merupakan salah satu hal yang menjadi faktor penguat terjadinya globalisasi karena fenomena ini tidak lepas dari adanya campur tangan negara-negara yang saat ini menerapkan sistem ekonomi terbuka. 

Hal ini memungkinkan setiap negara melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi. Kedua adalah meningkatnya peran lembaga internasional seperti WHO, ASEAN, IMF, dan lembaga lainnya yang turut serta membuka peluang setiap negara untuk bergsabung membahas permasalahan maupun perkembangan negara di lingkup internasional.

IPTEK merupakan ilmu atau suatu sumber informasi yang dapat digunakan untuk menambah wawasan seseorang mengenai teknologi dalam berbagai bidang kehidupan. Di era globalisasi ini, IPTEK mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama pada tiga bidang, yaitu bidang informasi, teknologi, dan komunikasi. 

Teknologi diciptakan sejak zaman dulu hingga saat ini ditujukan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam aktivitas manusia, proses interaksi, bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang timbul di masyarakat. 

Contohnya, penggunaan transportasi menjadi lebih cepat dan modern, komunikasi dan akses informasi menjadi lebih mudah didapat melalui internet, beberapa mesin mampu membantu atau bahkan menggantikan posisi manusia termasuk pada pekerjaan yang menuntut kemampuan fisik yang cukup berat. Ditemukannya formulasi-formulasi pada kapasitas komputer juga mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas lainnya.

Dampak positif dari adanya perkembangan IPTEK adalah kemudahan dalam mengakses informasi dan komunikasi. Perlu diketahui bahwa dengan perkembangan zaman dan globalisasi memudahkan kita untuk melakukan komunikasi dengan cepat meskipun terbatas ruang dan waktu. 

Contoh manifestasi yang mudah dilihat di sekitar adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu yang singkat karena sudah bisa digantikan dengan surat elektronis atau email, komunikasi dan interaksi jarak jauh dapat dilakukan melalui telefon atau media sosial. Sekarang dengan adanya perkembangan di bidang komunikasi kita dimudahkan dalam mengirim pesan kepada teman diluar daerah atau bahkan luar negeri yang jauh dari tempat kita tinggal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN