Mohon tunggu...
Valya Nafla Syahira
Valya Nafla Syahira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Administrasi Publik

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Administrasi Publik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT Jasa Marga

13 Januari 2024   12:22 Diperbarui: 13 Januari 2024   12:28 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita tahu PT Jasa Marga adalah perusahaan milik negara atau biasa disebut dengan BUMN. PT Jasa Marga ini bergerak dibidang pemeliharaan, pembuatan dan pengembangan jalan tol di Indonesia. PT Jasa Marga ini didirikan pada tanggal 1 Maret 1978 setelah pembuatan jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor, hingga pada akhir tahun 2020 kemarin PT Jasa Marga ini memegang hak konsensi atas 34 jalan tol sepanjang1.603 km di Indonesia. PT Jasa Marga ini tentunya memiliki tahapan-tahapan dalam pelatihan dan juga pengembangan SDM-nya, yang dimana pelatihan pada PT Jasa Marga ini dibutuhkan untuk seluruh pegawai diperusahaan tersebut. Dengan adanya pelatihan di PT Jasa Marga maka suatu perusahaan ini memiliki peranan yang sangat penting dan juga menentukan kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri, pelatihan pada SDM juga membantu para pegawai dalam memperbaiki pelaksanaan pekerjaan yang tidak efisien. 

Pelatihan ini juga proses dimana pegawai dapat memperbaiki kemampuan keterampilan secara individual maupun kelompok yang digunakan untuk membantu pencapaian tujuan perusahaan tersebut. Pelatihan dan pengembangan pada PT Jasa Marga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan juga kemampuan para pegawainya, pada pelatihan ditekankan pada peningkatan kemampuan, untuk melakukan pekerjaan yang spesifik, sedangkan pengembangan lebih ditekankan pada peningkatan pengetahuan bagi para pegawai untuk melakukan pekerjaan pada masa yang akan datang. Tujuan diadakannya pelatihan dan pengembangan pada PT Jasa Marga ini adalah yang pertama untuk memperbaiki kinerja para pegawainya yang dimana, hal ini masih kurang dalam segi keterampilan, pengetahuan dan sebagainya, yang kedua memajukan keahlian para pegawai dengan adanya kemajuan teknologi yang dimana, zaman sekarang semuanya sudah berbasisis online yang mengharusnya semua pegawai faham akan teknologi melalui pelatihan ini, yang ketiga  membantu memecahkan apabila ada masalah, yang keempat mempersiapkan pegawai untuk memotivasi melalui program pengembangan ini, kelima untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan pegawainya yang dimana, hal ini menjadi tantangan baru perusahaanya. Pelatihan dan pengembangan dapat menghasilkan efektivitas yang lebih besar dan meningkatkan pertumbuhan pribadi bagi semua pegawai di PT Jasa Marga ini. Adapun metode dan juga langkah-langkah dalam melakukan pelatihan dan pengembangan seperti, training, coaching dan job rotaion. Adapun langkah-langkah pada pelatihan dan pengembangan ini adalah mendesain program pelatihan yang dimana tujuannya hendak dicapai untuk mengidentifikasi mengenai apa yang diinginkan para pegawai dan ada 2 jenis sasaran yaitu, untuk mengembangkan pengetahuan dan juga pengembengan presetasi dan karir.

Pelaksanaan pelatihan dan pengembangan PT Jasa Marga menunjukkan bahwa upaya tersebut memberikan dampak yang positif karena dapat meningkatkan keterampilan, motivasi, kinerja dan juga pengetahuan pegawai. Hal ini tentunya dapat meningkatkan efisiensi operasional dan juga mengoptimalkan manajemen jalan tol dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia, PT Jasa Marga juga dapat terus beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tuntutan pasar serta menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan inovatif.

Referensi:

Siswadi, Y. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(01), 124--137.

(Slb-c & Jember, 2020)Slb-c, D. A. N., & Jember, Y. P. A. B. (2020). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun