Mohon tunggu...
Valerie VanyaSudewo
Valerie VanyaSudewo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cinta Kasih Dalam Kebenaran

8 September 2022   18:05 Diperbarui: 8 September 2022   20:32 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cinta kasih dalam kebenaran atau Caritas in Veritate merupakan suatu hal yang harus tertanam dalam diri kita. Cinta kasih dalam kebenaran dapat diterapkan dalam bentuk yang baik dengan saling mendukung serta terus ber-positive thinking serta membantu sesama yang kesulitan dengan perilaku positif. Cinta kasih dalam kebenaran juga dapat dilakukan dengan selalu memberikan dan membawa energi positif bagi orang-orang di sekitar kita. Selain itu, cinta kasih dalam kebenaran juga  merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam relasi sesama manusia. 

Sebagai contoh yaitu kejujuran. Kita harus bisa menerapkan sikap jujur dalam segala hal yang kita lakukan sehari-hari. Kita sendiri harus dapat membiasakan diri untuk selalu hidup dalam cinta kasih dan kebenaran.  Untuk menerapkannya dapat dilakukan dengan melakukan perbuatan baik yang konkret, seperti contoh yaitu dengan turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan kerja kelompok dan selalu bertanggung jawab dalam tugas yang dikerjakan, dan bukan malah menjadi free riders. 

Namun kita tidak dapat langsung menjudgje seorang free riders. Kita harus mencari tahu dulu apa alasan dibalik mereka menjadi seorang free riders, kita juga bisa memberi tahu mereka dengan  menegurnya dengan kalimat postif agar kedepannya mereka bisa menjadi lebih baik lagi. Free riders sendiri sebenarnya juga dapat dilihat dari sisi positif, dimana bila kita menemukan teman yang merupakan seorang free riders, kita bisa mendapat keuntungan seperti kita yang menjadi mendapatkan ilmu yang lebih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun