Mohon tunggu...
valent tyaniko
valent tyaniko Mohon Tunggu... Pelajar

Jauh dari kata sempurna

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Nanya Alamat di Jogja? Ada Tata Caranya Lho

24 November 2020   13:35 Diperbarui: 24 November 2020   13:50 118 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nanya Alamat di Jogja? Ada Tata Caranya Lho
barumunabadiraya.co.id

Mungkin kita semua pernah merasakan kondisi dimana kita bingung mencari alamat di jalan atau salah alamat di jalan yang akrab kita sebut nyasar. Pada saat kita nyasar tentunya cara yang kita lakukan adalah menggunakan aplikasi Google Maps, atau bertanya pada penduduk setempat yang kita temui. Sepertinya menanyakan alamat di jalan pada penduduk setempat mudah dilakukan karena hanya dengan berhenti dari kendaraan yang kita gunakan lalu bertanya, namun hal ini tidak berlaku di beberapa daerah salah satunya di daerah Yogyakarta. Di daerah Yogyakarta, jika kita ingin menanyakan sebuah alamat ternyata terdapat tata caranya, tentunya tata cara ini berkaitan dengan budaya Jogja yang terkenal akan tata krama dan sopan santunnya. Adapun tata cara menanyakan sebuah alamat pada saat di jalan di Yogyakarta adalah

  • Mematikan Mesin Sepeda Motor

ketika kita menggunakan sepeda motor ada baiknya setelah berhenti, kita mematikan mesin sepeda motor. Selain karena alasan tata krama dan sopan santun, dengan memtikan mesin kita akan lebih jelas mendengar jawaban mengenai alamat yang kita tanyakan.

  • Turun dari sepeda motor

 Setelah mematikan mesin, ada baiknya kita turun dari sepeda motor baru bertanya.

  • Membuka helm

Jangan lupa sebelum bertanya dibuka dulu ya helmnya supaya pendengaran kalian tidak terganggu oleh helm.

  • Pahami arah mata angin

Hal yang paling penting dan yang harus kamu ketahui juga, umumnya masyarakat Jogja menunjukkan arah dengan menggunakan arah mata angin. Maka bagi kalian yang belum memahami arah mata angin ada baiknya nih pelajari dulu arah mata angin, jangan sampe setelah kalian menanyakan alamat yang ada malah tambah bingung karena tidak paham arah mata angin.          

     Berikut merupakan etika dan sopan santun berkendara khususnya saat menanyakan alamat di jalan di daerah Jogja. Memang sepertinya bagi orang yang bukan asli Jogja merupakan hal sepele, namun jangan sampai kalian malah mendapatkan masalah yang lebih besar karena masalah sepele ini. Kalian bisa saja menanyakan alamat tanpa menerapkan etika dan sopan santun ini, namun kalian harus siap dengan resikonya karena bisa saja kalian dicuekin atau bahkan ditunjukkan kearah yang salah. Tentunya masing-masing daerah memiliki peraturan serta adat istiadat sendiri. Kalau kamu ingin tetap hidup di suatu tempat, kamu juga harus bersedia menaati segala peraturan yang ada. Ada baiknya etika dan sopan santun mengenai menanyakan alamat ini tidak hanya dilakukan di Jogja tapi juga diterapkan diseluruh daerah yang kita tinggali karena orang lain akan segan dan menghargai kita jika kita melakukan segala sesuatu berdasarkan etika dan sopan santun.

#kabuajy11

Daftar Pustaka  

Nugraha, J. A. 2020, "Jangan Coba-coba Nanya Alamat ke Orang Jogja Sebelum Buka Helm, Risikonya Fatal" https://mojok.co/terminal/jangan-coba-coba-nanya-alamat-ke-orang-jogja-sebelum-buka-helm-risikonya-fatal/ . Diakses pada 23 November 2020 pukul 23.11.

Sumber Gambar

barumunabadiraya.co.id

VIDEO PILIHAN