Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Fiksi Masih Merajai Kompasiana, "Green" Terendah Sepanjang Tahun 2011

19 Desember 2011   22:28 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:02 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Gambar diatas menunjukan jumlah tulisan sepanjang tahun 2011 untuk laporan per 18 Desember 2011. Data yang disajikan tersebut merupakan rangkaian dari hasil analisa data yang sudah saya sajikan dalam beberapa tulisan sebelumnya, yaitu analisa triwulan I, triwulan II, triwulan III, 1.832 kompasianer yang memperoleh headline sepanjang tahun 2011dan top 10 Kompasianer Dengan headline terbanyak sepanjang tahun 2011.

Seperti grafik yang saya sajikan di awal dan tabel di samping ini, anda dapat melihat bahwa jumlah tulisan yang dipublish di Kompasiana mulai dari tanggal 1 Janurai 2011 hingga 18 Desember 2011 berjumlah 223,135 tulisan. Jumlah tahun 2011 ini lebih tiinggi 28,81% dibandingkan dari jumlah tulisan tahun-tahun sebelumnya, yang berarti jumlah tulisan sampai dengan tahun 2010 sendiri  (yang masih diarsipkan dan belum dihapus) berjumlah 173.224 tulisan.   Dengan demikian jumlah tulisan sampai dengan 18 Desember 2011 adalah berjumlah 396.359.

Terkait dengan grafik dan table di atas, dapat dilihat juga bahwa rubrik Fiksi masih merajai tulisan-tulisan di Kompasiana yaitu sebanyak 54.140 tulisan atau 24.26% . Ditempat kedua disusul oleh rubrik Humaniora dengan jumlah tulisan sebanyak 48.940 atau 21,93%. Sedangkan jumlah terendah, selain bagian lain-lain yaitu lipsus, muda dan beberapa kanal temporary lainya adalah rubrik Green dengan jumlah tulisan sebanyak 1.995 atau 1,18%. Diatas Green terdapat rubrik Tekno dengan jumlah 5.480 atau 2,46% terlihat masih sedikit pemintanya dibandingkan media dan wisata.

Berdasarkan data tersebut juga, dapat dimaklumi dibuatnya kanal khusus untuk fiksi pada tahun ini yang disebut Fiksiana. Kalau menggunakan proporsi yang sama yaitu 24.25% maka rata-rata jumlah tulisan fiksi yang ditayang di Kompasiana dapat mencapai 145 tulisan perhari dengan asumsi, rata-rata jumlah tulisan perhari adalah 600 tulisan.

Untuk pertumbuhan jumlah tulisan per bulan sepanjang tahun 2011, dapat anda lihat pada grafik di atas. Jumlah tulisan tertinggi terjadi pada bulan November 2011 yaitu mencapai 22.595 tulisan. Jumlah ini bergrak naik dari bulan-bulan sebelumnya. Peningkatan jumlah ini mungkin dipengaruhi oleh beberapa even lomba yang diselenggarakan oleh Kompasiana  sepanjang bulan Oktober hingga November 2011, terlebih menjelang ulang tahun Kompasiana ke 3 pada tahun ini.

Apabila menggunakan grafik yang sama, maka dapat dilihat juga adanya pertumbuhan dan penurunan julah tulisan dari bulan ke bulan. Jumlah terendah pada bulan Februari 2011 dan September 2011 mungkin dapat menjadi catatan tersendiri. Namun demikian kisaran jumlah tulisan yang masuk per hari diperkirakan berkisar pada angka 600 hingga 700 tulisan.

Semakin bertumbuhnya jumlah tulisan setidaknya menunjukan adanya antusias Kompasianer menyumbagkan tulisan-tulisan terbaiknya, terlepas dari penilaian subjective terhadap beberapa tulisan yang ada. Semoga kedepan untuk rubrik-rubrik yang masih sedikit peminatnya, akan semakin dilirik oleh Kompasianer untuk dibagikan kepada banyak orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun