Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu...

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

XKeyscore: Server "Mata-Mata" AS Berada di Indonesia?

5 Agustus 2013   09:14 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:36 4678 35 27 Mohon Tunggu...
Lihat foto
XKeyscore: Server "Mata-Mata" AS Berada di Indonesia?
13756685682001400328

[caption id="attachment_279452" align="aligncenter" width="600" caption="Xkeyscore Slide (The Guardian)"][/caption]

Indonesia ditandai sebagai salah satu lokasi server intelijen ("mata-mata") Amerika Serikat dan merupakan bagian dari 700 server yang tersebar di 150  lokasi dan negara di dunia. Hal ini tergambar pada salah satu slide dari dokumen rahasia National Security Agency  (NSA) yang dibocorkan whistleblower, oleh Edward Snowden, seperti diberitakan The Guardian pada 31 Juli 2013

Server-server tersebut menyuplai data atau informasi yang diminta dan dikelola oleh salah satu program NSA yang mampu mengumpulkan hampir semua aktvitas seseorang di internet. Alat atau program ini dinamai  XKeyscore

Menurut Snowden, jangankan hakim federal,  email Presiden pun dapat disadap olehnya dengan mudah. Hanya  bermodal sebuah program XKeyscore dan alamat email pribadi, dia dapat melakukan semua itu.

Bukan saja email, chatting, sejarah  browsing dan aktivitas internet lainnya  dari jutaan orang,  tanpa otoritas semuanya dapat dipantau dengan mudah dengan menggunakan program super canggih ini.

Apa itu Xkeyscore?

XKeyscore, adalah  program dengan kemampuan pencarian yang sangat luas. Merupakan pengembangan lebih lanjut dari kecerdasan jaringan komputer, yang oleh mereka (NSA) disebut sebagai Digital Network Intelligence (DNI).

XKeyscore dapat mencari atau menyadap hampir semua aktvitas seseorang di internet, mencakup isi email, website yang dikunjungi, apa yang dicari melalui search engine, serta metadata pengguna. Bahkan analis NSA juga dapat menggunakan XKeyscore (terpadu dengan sistem NSA yang lain) untuk mencegat aktivitas seseorang  di internet  secara  "real-time".

Seperti  digambarkan melalui sebuah slide dari  dokumen yang diberi judul "plug-ins" (Desember  2012), menujukan berbagai  informasi yang dapat dicari melalu Xkeyscore,  seperti sesi alamat email berdasarkan username dan domain (dan tentunya akan mengungkap isi email nama pengirim, CC dan BCC), setiap nomor telepon berikut phone book atau signature block, aktivitas pengguna seperti  webmail dan aktivitas  chatting (yang didalamnya termasuk  nama pengguna dan buddylist), cookies dan lain sebagainya.

Apa Beda Xkeyscore dengan PRISM?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x