Mohon tunggu...
valencia stella
valencia stella Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

mahasiswi yang sedang berkuliah di universitas parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

6 Desember 2022   13:25 Diperbarui: 6 Desember 2022   13:32 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkenalkan nama saya Valencia Stella Setiawan dari jurusan Manajemen angkatan 2022 dan saya mengikuti geladi hominisasi 9 yang dilaksanakan pada Sabtu,3 Desember 2022. Terdapat 3 tugas yang diberikan dalam acara geladi hominisasi yaitu tugas pra geladi hominisasi, geladi hominisasi dan tugas pasca geladi hominisasi. Materi yang diberikan juga  sangat menarik karena masih terhubung dengan budaya - budaya yang ada di Indonesia. Tugas yang diberikan saya kerjakan dengan sungguh - sungguh. Dengan adanya tugas - tugas ini membuat saya sadar bahwa ada banyak budaya Indonesia yang saya baru ketahui.

Dalam tugas pra geladi terdapat tugas mengenai makna kalimat dari lagu Indonesia Raya 3 stanza dan membuat refleksi dari film yang sudah dipilih. Setelah mengerjakan tugas pra geladi saya diberikan link zoom yang merujuk kepada acara gladi hominisasi. Adanya tugas gladi ini membuat saya sadar bahwa saya  masih belum cukup melestarikan budaya Indonesia dalam budaya, lingkungan dan ketahanan pangan yang bisa dilihat dari link YouTube. 

Saat hari sebelum hominisasi dilaksanakan, para mahasiswa dibentuk kelompok yang terdiri dari 6 - 8 orang dengan tema mengenai hari peringatan yang nantinya akan mempresentasikan mengenai hari peringatan yang sudah ditentukan. 

Saya berada di kelompok 6 dengan tema Hari Pahlawan Nasional. Acara gladi berlangsung dengan lancar meskipun ada beberapa yang mempunyai kendala pada jaringan sehingga mereka ada yang batal untuk mengikuti acara hominisasi. Setelah acara sambutan, mahasiswa dimasukkan kedalam breakout room selama 3 kali untuk membahas mengenai presentasi yang nantinya akan dinilai oleh panitia. Meskipun kelompok saya tidak terpilih untuk menjadi perwakilan tetapi ada banyak pelajaran baru yang saya dapat pada saat presentasi. Saya menjadi lebih tahu bagaimana cara presentasi dengan baik, kemampuan saya untuk bekerja sama juga meningkat dan relasi saya bertambah karena anggota kelompok saya dari jurusan yang berbeda - beda. Setelah para perwakilan yang ditunjuk oleh panitia mempresentasikan mengenai materinya, saya diberikan tugas pasca geladi yang dikumpulkan maksimal pada tanggal 10 Desember untuk mendapatkan sertifikat yang nantinya digunakan pada saat skripsi.

Setelah mengikuti serangkaian acara geladi ini, saya menyadari bahwa kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara masih kurang.  Cara berpikir saya masih terlalu umum namun dengan adanya geladi ini saya dapat membedakan mana yang benar dan salah. Selain itu penggunaan bahasa saya juga semakin baik.  Saya meminimalisir adanya kesalahan penulisan dan menggunakan bahasa yang baku saat berbicara dengan orang yang lebih tua. Penerapan kemampuan berbahasa dan berlogika sangat penting bagi saya karena membuat saya menjadi pribadi yang lebih dewasa dan berpikir kritis.

Setelah acara ini, ada beberapa manfaat yang saya akan terapkan selama mengikuti kegiatan perkuliahan yaitu saya ingin menerapkan cara presentasi yang baik dan benar apabila ada tugas presentasi. Saya juga akan menerapkan cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar saat pelajaran. Selain itu, saya akan menerapkan cara untuk berpikir kritis saat mengerjakan tugas maupun saat UAS nantinya. Harapannya dengan mengikuti geladi ini, saya menjadi lebih baik lagi kedepannya dan bisa menerapkan apa yang sudah saya pelajari selama kegiatan perkuliahan di UNPAR.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun