Mohon tunggu...
VADLI
VADLI Mohon Tunggu... Freelancer - Mukhlis Fadliansyah

Me, Myself & VADLI. - Kalau bukan SEKARANG kapan lagi...

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menulis Itu Mulainya dari Mana?

25 Oktober 2019   08:50 Diperbarui: 25 Oktober 2019   09:21 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: instforgram.online/Prabowo

Awalnya nggak pernah kepikiran untuk menjadi penulis, semuanya mengalir seperti air panas yang masuk ke gelas berisi bubuk kopi dan gula secukupnya. 

Kemudian air itu berputar-putar membentuk pusaran searah jarum jam dari sendok stainless steel yang gampang bengkok. Dan terciptalah aroma kopi Kapal Api sachetan. Hari ini dimulai babak baru yaitu kegiatan menulis di kompasiana.

Sampai detik ini, sebenarnya sudah ribuan tulisan saya yang diposting, di halaman Facebook, berupa status-status hehehe, tulisan yang hanya beberapa kata, terkadang hanya gambar disertai emoticon, namun sesekali menulis yang agak panjang. Penulis status media sosial. 

Jika saya runut ke masa lalu, saya tidak ingat tepatnya saya terbiasa menulis, sewaktu di SD terpaksa menulis karena tugas mengarang dari guru bahasa Indonesia. 

Dan menurut saya saat itu mengarang cerita bebas adalah beban. Mungkin sekitar tahun 2007-2008 saya baru menemukan seni dalam menulis.

Sebagai pribadi yang pendiam dan pemalu, ada banyak ide yang muncul dan tidak pernah dituangkan dalam tulisan. Selepas lulus dari STM, Juli 1997, sembari menunggu lowongan kerja atau melanjutkan pendidikan, hari-hari saya banyak nongkrong di warnet dan saya mulai kecanduan; kecanduan berselancar di grup chatting mIRC yang terkenal pada masa itu.

Mulai berani menyapa siapapun di dunia yang menurut saya baru. Dan saya suka, berkenalan menjadi hobi baru, hingga beberapa kali ikutan channel gathering alias kopdar (kopi darat) di wilayah terdekat hingga yang paling jauh waktu itu sampai kopdar di Surabaya. Hobi saya chatting di mIRC hanya bertahan lima tahun. Selanjutnya saya disibukkan dengan pekerjaan. 

Platform media sosial Friendster awalnya seperti akan membangkitkan kegiatan saya untuk menulis lagi, namun masih dikalahkan dengan jam lemburan hahaha.

Sekitar tahun 2007-2008 saya mulai ikutan komunitas sepedaan. Karena saya suka, beberapa kegiatannya pernah saya tulis di Multiply dan mulai mengenal yang namanya blog. 

Di sela waktu istirahat di jam lemburan kalau ada koneksi internet dan komputer nganggur, saya coba ngoprek apa itu blog, bikin blog pertama kali di blogdrive, dari bentuk font, buat tulisan berjalan sampai kasih blognya glitter dan backsound. Norak. 

Di blogdrive saya belum sampai level kecanduan. Keburu kenal yang namanya media sosial Plurk & Facebook, disini saya mulai kecanduan buat status, kadang unfaedah, kadang status curhat. Sampai-sampai ada teman yang nyinyir pedas, "Pesbukan mulu, hayu kerja lagi...!" 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun