Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Edukator dan penulis #uajy

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Ciri Mahasiswa Harvard

6 Maret 2022   14:44 Diperbarui: 6 Maret 2022   14:48 1819
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vita di Harvard Yard, dokpri

Kelima ciri mahasiswa Harvard University ini saya dapatkan selama mengikuti Summer Training di tahun 2019. Kalau ada yang punya pengalaman berbeda, mungkin karena ada di waktu dan tempat yang tidak sama dengan saya. Saat itu belum pandemi, jadi ada beberapa ciri yang tidak relevan dengan protokol kesehatan saat ini.

Gedung kampus Harvard University ada banyak, tergantung jurusannya. Gambaran tentang Harvard secara umum sudah pernah saya tulis dalam dua artikel tentang "Harvard: Sulitnya Mencari Papan Nama Harvard University" klik di sini dan "Harvard: Kalau Buat Maudy Berat, Biar Saya Saja" silakan baca klik di sini.

Kali ini keunikan mahasiswanya saya rangkum dalam lima ciri.  Ciri nomor tiga sangat berkesan.

1. Mayor dan Minor

Ketika mau kuliah, mahasiswa Harvard memang harus menentukan mau ambil jurusan atau program studi apa. Banyaknya jurusan kadang membuat kita bingung memilih, semua menarik dan menantang.

Di Harvard, semua mahasiswa yang saya temui memiliki jurusan mayor dan minor. Contohnya Chelsea (nama rekaan), dia kalau ditanya ambil jurusan ekonomi tapi kemudian dia cepat-cepat menambah, "and I'm taking English literature too." Jadi Chelsea ambil mayornya ekonomi dan minornya sastra Inggris.

Mungkin hampir di semua universitas di Amerika mempunyai sistem pendidikan seperti ini. Tapi yang saya temui baru di Harvard. Ada satu teman yang kuliah di Boston University, dia hanya mayor saja. Bisa ambil kuliah di jurusan lain tapi hanya sebagai pilihan tidak dibilang minor.

Asik juga ya, misalnya kuliah bisnis tapi juga ambil musik.

2. Makan dan Membaca

Ketika break makan siang di kelas saya, saya mencari tempat makan terdekat karena memang sengaja tidak bawa bekal. Ternyata yang terdekat adalah perpustakaan, kaget saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun