Mohon tunggu...
Utama Abdun Abadi
Utama Abdun Abadi Mohon Tunggu... Pembelajar

Learning by doing.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penyesalan sebagai Momentum Introspeksi Diri

6 Juni 2020   07:48 Diperbarui: 6 Juni 2020   07:47 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyesalan sebagai Momentum Introspeksi Diri
intisari.grid.id

Penyesalan (regret) diartikan sebagai a negative conscious and emotional reaction to personal past acts and behaviors, atau dapat diartikan sebagai suatu bentuk reaksi emosional terhadap tindakan dan perilaku masa lalu pribadi seseorang.

Dalam Menjalani hidup ini kita pasti mempunyai sebuah penyesalan, bahkan ada yang hidup dalam bayang-bayang penyesalan yang tak kunjung usai hingga menimbulkan rasa untuk memutar waktu Kembali. Penyesalan sebenernya bisa menjadi bentuk pendewasaan bagi seseorang, toh yang sudah berlalu biarlah berlalu dan jadikan itu sebagai pembelajaran untuk kehidupan mu dilain waktu.

Mempunyai rasa penyesalan yang terus dipikirkan dan dipendam tak akan merubah apapun, alangkah lebih baik jika hal tersebut dirubah menjadi hal yang membuat kita lebih berhati-hati dalam melangkah di hidup ini.Karena sesungguhnya penyesalan merupakan bentuk pembelajaran yang nyata tapi tak kunjung kita sadari, karena dengan menyesali suatu hal berarti kita sadar bahwa kita pernah melakukan hal yang salah, dan akan menjadi koreksi untuk hidup yang kita jalani.

Beberapa kalimat diatas mungkin bisa menjadi jawaban mengapa penyesalan selalu datang di akhir, karena dari setiap hal yang pernah atau akan kita lakukan pasti mempunyai makna tersendiri untuk dijadikan pengalaman dan dipelajari. Berpikir lebih dalam sebelum bertindak bisa menjadi sebuah konklusi, perlahan dan perhitungkan setiap langkah sembari menghindari lubang yang kembali hadir dari masa lampau untuk tak jatuh dilubang yang sama.

Belajarlah untuk terus mencoba Berdamai dengan penyesalan yang ada di Masa lalu,singkirkan hal-hal negatif yang ada dipikirian dan selalu ambil sisi positif nya, karena hal tersebut bisa menimbulkan rasa resah dan menganggu apa yang kita sedang rancang untuk masa depan, Pahami lah perasaan dan dirimu sendiri, emosi itu datang dan pergi, dengan terus memikirkan hal yang sudah dilalui tersebut maka itu akan memancing perasaan emosi yang lebih besar untuk kembali dan terus datang, beri ruang untuk diri kita sendiri agar bisa menerima dan berdamai dengan masa lalu yang tak seharusnya terus diingat.

Sekali lagi jadinkanlah sebuah Penyesalan yang selama ini kalian pikirkan sebagai momentum untuk introspeksi diri dan pengalaman, karena pengalaman adalah guru terbaik. Dan penyesalan adalah hal yang tak akan bisa dirubah tapi bisa untuk tidak diulangi Kembali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x