Mohon tunggu...
Uray Neny Yuwindi
Uray Neny Yuwindi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya hobi menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Best Practice "Kincir Tanda Pembanding"

8 Februari 2024   14:50 Diperbarui: 8 Februari 2024   14:54 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memulai yang Baru (Dokpri)

"Kincir Tanda Pembanding: Angin Segar Belajar Matematika dari Belanda untuk Desa Terpencil" 

Penulis : Uray Neny Yuwindi,S.Pd

 (Dokpri)
 (Dokpri)

Sebuah desa terpencil yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, di mana internet masih menjadi mimpi yang jauh. Inilah kisah tentang sebuah inovasi sederhana yang mengubah paradigma pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Desa Terpencil, tepatnya SDN 18 Malabae.

Di tengah tantangan keterbatasan sarana dan prasarana, seorang guru gigih, yang kami sebut sebagai Ibu Maya, memiliki tekad untuk membuat pembelajaran matematika di kelas 2 menjadi lebih menarik dan interaktif. Terinspirasi oleh alam sekitarnya, Ibu Maya menciptakan alat peraga dari kardus yang tak terpakai, membentuknya menjadi kincir angin asal Belanda.

Mencari inpirasi (Dokpri)
Mencari inpirasi (Dokpri)

Dengan kreativitasnya, Ibu Maya mengubah kincir angin menjadi "Kincir Tanda Pembanding." Meskipun tidak tahu persis dari negara mana kincir angin tersebut berasal, namun Ibu Maya yakin bahwa keunikan bentuknya akan memikat perhatian anak-anak dan membuat pembelajaran matematika lebih mudah dipahami.

Kincir Tanda Pembanding tidak hanya menjadi alat peraga biasa. Ibu Maya menggunakan kreativitasnya untuk menggambarkan konsep membandingkan bilangan secara visual. Setiap bilah kincir diberi tanda khusus, memberikan pemahaman intuitif tentang perbandingan bilangan yang sulit dipahami hanya dengan angka di buku teks.

menarik, kreatif, dan ineraktif (Dokpri)
menarik, kreatif, dan ineraktif (Dokpri)

Dalam satu sesi pembelajaran, anak-anak diajak untuk memutar Kincir Tanda Pembanding secara bersama-sama. Mereka belajar bagaimana bentuk dan warna setiap bilah mewakili bilangan tertentu. Anak-anak tidak hanya mendengar, tetapi melihat, merasakan, dan berpartisipasi aktif dalam setiap aktivitas pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun