Puspita Wasita
Puspita Wasita

Alumni Psy U.I -Jakarta Pensiunan PLN Wil 13 Semarang Istri pensiunan PNS Deptan Dirjenkan Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Itu Mudah Bila Mau

13 September 2018   19:49 Diperbarui: 13 September 2018   20:00 236 3 0

Hidup itu sebenarnya pilihan. Dalam setiap tahap pengalaman hidup terdapat pelajaran didalamnya. Pelajaran yang paling banyak kudapat adalah ketika aku merawat suamiku sakit kronis selama 10 tahun lebih.Suamiku yang mempunyai riwayat sejarah keluarga dengan penyakit diabet , dia mengidap diabet selama lebih 10 th kemudian kena complikasi gagal ginjal.

Ketika kami konsultasi ke dokter internis ada kalimat dokter yang membuat aku terkesan : "Dalam keluarga bapak ada riwayat sakit diabet , dan bapak sekarang mendapatkan warisan sakit diabet itu . Sebetulnya bapak bisa tidak menerima warisan itu asal bapak bisa mengatur pola hidup bapak dengan baik ". Jadi selama ini suamiku tidak menjalani pola hidup yang tepat sehingga mendapatkan warisan penyakit keturunan Diabet itu. Intinya wasrisan itu bisa kita tolak. Selama kita bisa mengatur hidup kita dengan baik dan betul.

Sekarang untuk kita yang belum kena diabet atau sakit kronis lainnya, kita bisa mengatur pola makan dan pola hidup sebaik baiknya. Kita harus memilih untuk hidup sehat , pengalaman yang kudapat selama merawat suami sebagai praktisi , adalah sbb :

1. Olah raga teratur setiap hari 30 menit sd 60 menit

2.Pola makan diatur , kurangi karbo, hindari lemak2  dan makanan yang tidak sehat menyehatkan seperti durian ,alkohol, soda dll, perbanyak buah dan sayur dan minum multi vitamin

3.Selalu positif thinking , buang jauh2 setress , karena ini yang suka menimbulkan penyakit , tensi bisa jadi naik,  biarkan semua berjalan mengalir bagai air,  iklas , jangan merasa paling susah didunia ini, karena diluar sana banyak orang2 yg lebih susah dari kita, ini  semua skenerio Tuhan.

4.Setiap 6 bln check kesehatan ke Laboratariun , fungsi hati, fungsi ginjal, Diabet, kolestrol total , jantung dll.

5.Melakukan kegiatan yang disukai , seperti hobby , apakah gardening , musik , travelling , menulis dll.

6.Bagi yang masih productif , lakukan pekerjaan itu dengan senang , tidak perlu ngoyo , asal dengan dedikasi yang baik , insyaAllah perkerjaan akan sukses sesuai yang diharapkan.

7. Penuh doa , karena dengan berdoa kita akan selalu mendapatkan ketenangan batin , keiklasan menerima semua ujian serta penuh syukur atas karunia yang diberikan , apapun bentuknya.

Nah itu semua saya dapat selama saya merawat suamiku sakit gagal ginjal selama 10 tahun, Itu semua saya lakukan untuk diri saya , karena suami sudah terlanjur kena komplikasi, dan saya ingin sehat ,  walau usia bertambah tapi phisik tetap sehat prima, dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Aamiin

Semoga tulisan yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Walau cuma secuil....right ?