Mohon tunggu...
auliaaa rj
auliaaa rj Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiwiiii

annyeong!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengapa Penerapan Nilai-nilai Pancasila Penting Sejak Usia Dini?

28 Oktober 2021   21:22 Diperbarui: 28 Oktober 2021   21:53 49 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www.pinterest.com › pin

 Pancasila  merupakan  ideologi  dasar  Negara  Republik  Indonesia.

Pancasila  dan Pendidikan Kewarganegaraan memiliki hubungan yang saling berkaitan yaitu keduanya memiliki  tujuan  untuk  mengembangkan  moralitas  dan  nilai  luhur  yang  berakar  pada budaya dan keyakinan bangsa. Hal tersebut sangat mungkin terwujud dalam kehidupansehari-hari.

Ideologi  ini  awal  mulanya  dirumuskan  pada  tanggal  1  Juni  1945  pada  sidang BPUPKI.  Semua  isi  dari  5  sila  yang  terdapat pada pancasila  sudah  mencakup  segala kegiatan masyarakat bernegara yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan  sosial.  

Hal  tersebut  merupakan  alasan  mengapa  pancasila  dijadikan  pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara.  Sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal, memahami, dan menerapkan nilai --nilai pancasila sejak anak berusia dini.

Nilai-nilai  pancasila  merupakan  nilai  yang  terkandung  dalam pancasila  baik dalam  kedudukan  sebagai  dasar  negara  dan ideologi negara  maupun  sebagai  falsafah negara dalam arti pandangan hidup bangsa. Pancasila sebagai  buah  dari  penggalian  dan perumusan  dari  apa  yang  telah  ada dan  akan  mati  apabila  tidak  diterapkan  dalam  kehidupan  pribadi  masing --masing individu. 

Maka dari itu, diharapkan pancasila ini bisa menjadi watak dan pola hidup yang kontras,  dan mencirikan  pribadi  masyarakat Indonesia  yang  telah  meresapi  kedalam relung jiwa setiap warga negaranya.

Dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa nilai mendasar itu dari pancasila. Untuk itu,  sangat  penting  untuk  menanamkan  nilai --nilai  pancasila  terutama  pada  anak  usia dini. Mengapa pada anak usia dini? 

Hal ini dikarenakan karakterisitik anak usia dini yang lunak  masih  mudah  untuk  dibimbing  dan  rasa  ingin  tahu  mereka  yang sangat  besar dibandingkan dengan anak usia remaja. Pada anak usia dini mereka akan lebih cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang tua maupun orang dewasa di sekelilingnya.

Bimbingan orang tua sangat diperlukan dalam pengenalan dan penerapan nilai--nilai pancasila. Pada anak usia dini, orang tua lah sebagai tangan pertama untuk mendidik dan membimbing  anak agar tumbuh dengan akhlak  yang baik. 

Karena, bimbingan dari orang tua merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Selama masa  bimbingan,  orang  tua  harus  benar --benar  memperhatikan  tingkah  laku  dan perbuatan sang anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan