Mohon tunggu...
Zainal
Zainal Mohon Tunggu... Editor - Freelancer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Freelancer

Selanjutnya

Tutup

Money

Pentingnya Legalitas UMKM

16 Januari 2022   16:41 Diperbarui: 17 Januari 2022   11:11 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Mengapa pengusaha butuh daftar legalitas  UKM secara online? Pertanyaan yang sering muncul selama tahun lalu. Karena, untuk pandemi ternyata menjadi cukup besar dampak untuk beberapa UKM bisnis. Bahkan, pemerintah akhirnya memberikan bantuan modal bagi UKM untuk mempertahankan keberlanjutan mereka.

Salah satu cara untuk dapat memperoleh bantuan tersebut adalah untuk mendaftar bisnis UMKM secara online. Sementara itu, banyak UKM belum resmi mendaftar dengan pemerintah. Akibatnya, tidak semua UKM kesempatan untuk mendapatkan bantuan modal gratis dari pemerintah.

Pada artikel ini kita akan mempelajari cara UKM mendaftar secara online. Tidak hanya itu, kita akan melihat lebih dalam tentang makna, karakteristik, sampai contoh UKM itu sendiri. Dengar ya!

UKM mendaftar secara online UKM yang merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. UKM sendiri adalah usaha ekonomi yang dijalankan oleh individu atau perusahaan berukuran kecil. Singkatnya, biasanya menengah ke bawahlah yang memiliki bisnis ini.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Pasal 3 dan 5 dari mikro, kecil, dan menengah, terdaftar beberapa tujuan UKM. Adalah sebagai berikut: Untuk tumbuh dan memperluas bisnis dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi dengan keadilan. Mewujudkan struktur perekonomian nasional seimbang, berkembang, dan keadilan.

Mengolah dan mengembangkan kapasitas Mikro, Kecil dan Menengah Tanggu dan mandiri.

Pentinnya UMKM mempunyai perijinan legal membuat UMKM  bias mendapatkan kemudahan usaha sehingga terkait pendanaan akan menjadi lebih mudah mendapatkankanya itu lah slah satu pentingny mengpa UMKM perlu menadapatkan legalitas resmi dari pemerintas.  Adanya legalitas  resmi dari pemerintah bias menjadikan bisnis anda aman di mata Hukum.

Selainitu dalam pengembangan UMKM tak kalah pentingnya UMKM akan mendapatkan inkobator binis, itu akan menjadai panduan para pelaku usaha untuk mendapatkan mentor.  

Mentor dalam menjalankan binis sangatlah penting apalagi bagi yang seoarang baru terjuan dalam dunia binis  itu sebabnya  sebuah mentor binis yang asudah mempunyai pengalaman akan memberikan arahan dan pengalamanya saat berkencipung dalam dunia bisnis.  Itu sebabnya pentingnya madapatkan mentor bisanis. Supaya anda juga bias mendapatkan ide-ide  peluang usaha yang menarik.

Ide-ide pluang usaha harus anda update sehingga mendapatkan informasi tentang perubahan yang ada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun