Mohon tunggu...
Unzilatul Fithri
Unzilatul Fithri Mohon Tunggu... Lainnya - Unzilatul Fithri Maulidyah

Bismillah🙃 lillahita'alah

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Perkembangan Emosional Anak Usia Dini

18 September 2021   22:13 Diperbarui: 18 September 2021   22:16 105 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perkembangan Emosional Anak Usia Dini
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mengenai tentang emosi, emosi adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap seseorang, atau terbawanya suasana yang masuk ke dlm hati seseorang, biasanya emosi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu emosi ketika bahagia,dan emosi ketika sedang marah. Sesuai judul di sini kita akan membahas tentang sosial emosional anak usia dini, nah kita sebagai orang tua harus bisa memperkenalkan apa itu emosional kepada anak karena emosional dapat berkaitan dengan kecerdasan anak. Selain itu peran orang tua juga sangat penting dalam sosial emosional anak usia dini ini, karena anak belum tau bahwa emosi itu tergantung suasana lingkungan di srekitar mereka. 

a.Bagaimana cara kita mengenalkan kepada mereka emosional itu bagaimana?

Kita harus mengenalkan kepada mereka emosional diri sendiri itu bagaimana, nah peran kita sebagai orang tua kita harus bisa mengenalkan kepada mereka kepada hati mereka bahwa mereka harus mengenali emosinya sendiri, seperti terbawa suasana senang ataupun dalam suasana sedih. 

Tidak hanya menjelaskan tentang itu, kita juga dapat memberitahu apa dampak jika hati seseorang itu senang ataupun sedih itu bagaimana, nah setelah anak bisa mengenali hal hal tersebut maka anak biasanya akan menunjukkan emosionalnya dengan cara menulis ataupun menggambar, nah hal itu bisa menunjukan bahwa anak itu dalam masa emosional sedih atau senang. 

b.Bagaimana cara kita untuk membicarakan emosional kepada anak?

Memberitahu atau menjelaskan tentang emosional kepada anak sangatlah penting karena hal itu merupakan sebagian dari kecerdasan sosial emosional anak, kita juga dapat memberi tahu memberitahukan kepada mereka apa yang bisa membuat kita senang ataupun sedih, begitu juga kita harus menjelaskan bahwa kita harus mengendalikan emosional dalam diri kita. Jika si buah hati membuat masalah atau membuat emosional kita sebagai orang tua itu keluar maka kita perlu untuk mengendalikannya, karena dengan cara memarahinya anak tidak akan mengerti apa yang kita ucapkan karena mereka belum tahu apa alasannya sehingga kita bisa marah kepada anak-anak kita. 

c.Menenangkan suasana hati ketika sedang emosi

Nah kali ini kita dapat membedakan antara emosional dalan suasana marah ataupun senang, nah dengan cara apa kita bisa mengetahui perasaan anak tersebut? Kita dapat bertanya pada mereka apa yang mereka rasakan pada saat suasana tersebut. 

Nah dengan cara sikap kita yang lembut dan membuat si anak menjadi nyaman maka hal itu akan memudahkan kita sebagai orang tua dapat membantu mengenali situasi tersebut, memang halnya anak mungkin sudah dapat mengembangkan kecerdasan emosionalnya alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua bisa mendukung mereka akan hal-hal yang lebih baik, nah dari sini kita perlu mengetahui bahwa sosial emosional anak harus di terapkan sejak dini,karena merupakan sebagian dari kecerdasan mereka. 

Nah disaat si anak sudah mengeluarkan emosinya dan sulit mengelolahnya ataupun mengontrolnya, terkadang kita sebagai orang tua juga bingung apa yang harus kita lakukan, dan bagaimana kita harus menyikapi anak tersebut. Perkembangan emosional ini terus berjalan dalam berjalannya suatu suasana.

Nah dimana suasana tersebut bisa berubah-ubah nah kita sebagai orang tua juga bisa memberinya dukungan untuk mengendalikan emosinya, adapun perkembangan emosional anak, pada dasarnya perkembangan emosi pada anak akan tumbuh secara alami pada dirinya dengan berjalnnya usia mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan