Mohon tunggu...
Herlin Variani
Herlin Variani Mohon Tunggu... Penulis Parents Smart untuk Ananda Hebat, Guru, Motivator

Penulis Parents Smart untuk Ananda Hebat, Guru, Motivator

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Rupa-rupa Roman Guru

29 November 2020   11:26 Diperbarui: 29 November 2020   18:36 112 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rupa-rupa Roman Guru
Dokpri. Penulis Parents Smart untuk Ananda Hebat

"Keyakinan seseorang mengenai kemampuan dirinya sangat berpengaruh pada kemampuan itu sendiri." (Albert Bandura,1988)

Bagi teman-teman yang berprofesi sebagai guru, akan melihat begitu banyak corak karakter yang terlihat melekat pada pribadi sosok rekan sejawat. Begitu pun yang dirasakan oleh siswa.

Berangkat dari pengalaman saya sendiri yang pernah menjadi seorang siswa, juga merasakan hal yang sama. 

"Ups, pernah sekolah juga rupanya. Pernah dong."

Alhamdulillah sekarang berprofesi sebagai seorang guru. Di zaman sekolah tempo dulu, kerap menemui guru penyayang, perhatian, ramah, ceria serta guru dengan sikap-sikap positif lainnya.

Namun juga pernah ketemu guru yang acap kali masuk black list para siswa. Biasanya, guru yang masuk daftar gelap ini kudu memiliki sikap yang membuat siswa tak nyaman. 

Seperti; kerap marah, suka memerintah, sering membanjiri siswa dengan tugas bahkan kerap menghadiahi siswa dengan beraneka hukuman.

Nah, bapak/ ibu guru yang memiliki karakter seperti ini, cenderung ketidakhadirannya di kelas melahirkan rona bahagia di wajah siswa. Tak jarang juga, beliau memperoleh gelar-gelar miring dari siswa. 

Itu kejadian di zaman saya. Namun, Alhamdulillah, saya tak pernah melabeli guru saya dengan istilah-istilah buruk. Karena, orangtua selalu mengajarkan,bahwa guru itu sosok mulia dan berharga.

Nasihat guru harus didengarkan. Jangan pernah melawan dan melukai hati beliau. Dengan nasihat ibu yang tak pernah reda ini, saya dan adik-adik memilih selalu mematuhi guru. Jika ada yang tak disukai dari beliau, kami cenderung diam. Tak berani memberi komentar macam-macam.

Nah, belum lama ini saya mendapat pengetahuan unik dari sebuah webinar khusus untuk guru yang diadakan secara virtual. Salah satu topik yang menarik perhatian saya adalah adalah tipe-tipe guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN