Definisi Teknologi Pendidikan Tahun 1994 dan 2004
Berdasarkan definisi 1994, Teknologi Pembelajaran adalah ; Teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar. Komponen definisinya adalah : teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk keperluan belajar.
Adapun definisi menurut AECT 2004 ( AECT Definition and Terminologi Committee) definisi terknologi pendidikan terbaru adalah Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources. Yang dalam bahasa kita (Indonesia) artinya sebagai berikut Teknologi Pembelajaran adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi
Perbedaan Teknologi Pendidikan Tahun 1994 dan 2004
1994
2004
1. Menekankan pada teori dan praktek
1. Menekankan pada Studi dan etika praktek
2. Pokok kegiatan adalah desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan,dan penilaian
2. Penciptaan, pengaturan, dan penggunaan
3. Tujuan untuk keperluan belajar
3. Tujuan memfasilitasi pembelajaran
4. Utilisasi proses & sumber belajar
4. Utilisasi proses & sumber daya teknologi
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI