Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami hadir untuk memberikan berbagai informasi tentang Umsida dan isu-isu menarik lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

KKNP 37 Umsida Bangun Branding Kuat UMKM Kerupuk Ikan Tenggiri Jatisari

13 Februari 2025   10:00 Diperbarui: 13 Februari 2025   10:00 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di desa Jatisari, kecamatan Purwodadi, kabupaten Pasuruan, terdapat beberapa UMKM yang masih perlu dikembangkan ke cara digital.

Lihat juga: Pie Durian, Solusi Kreatif KKN-P 28 Umsida Mengelola Hasil Kebun Desa Ngembal

Salah satu potensi UMKM yang ada di desa ini adalah produksi kerupuk ikan tenggiri. Untuk mengembangkan usaha yang telah berdiri sejak 2020 ini, KKNP 37 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), membantu mengembangkan potensi itu melalui pemasaran digital. 

Keterbatasan Promosi Kerupuk Ikan Tenggiri

Berbekal resep tradisional dan bahan-bahan segar, kerupuk ikan tenggiri produksi Siti Komariah berhasil menarik perhatian masyarakat setempat.

Meskipun memiliki produk berkualitas, UMKM ini menghadapi berbagai tantangan dalam memasarkan produknya. 

Hingga pertengahan tahun 2024, pemasaran produk kerupuk ikan tenggiri ini masih mengandalkan metode konvensional, seperti jaringan pelanggan tetap dan rekomendasi dari mulut ke mulut. 

Keterbatasan akses promosi ini menyebabkan UMKM kesulitan memperluas pasarnya dan mengakibatkan penjualan yang stagnan. 

"Oleh karena itu, kami buatkan akun media sosial untuk UMKM ini, seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok Shop guna memperluas jangkauan pemasaran dan mengenalkan produk kerupuk ikan tenggiri kepada masyarakat yang lebih luas," terang ketua KKNP 37, Derif Danial Itsmet Akmal. 

Tujuan dari langkah ini adalah untuk meningkatkan daya saing usaha di era digital serta menyesuaikan produk dengan permintaan konsumen.

Buat Pelatihan Digital Marketing

Dok KKNP 37 Umsida
Dok KKNP 37 Umsida
"Sebelum membuatkan akun, kami juga memberikan pelatihan kepada Siti Komariah dan karyawan UMKM agar mereka dapat mengelola media sosial secara mandiri setelah program KKN berakhir," imbuh Dani.

Pelatihan ini mencakup cara mengunggah foto produk yang menarik, menulis deskripsi informatif, serta berinteraksi dengan calon pelanggan secara efektif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun