Mohon tunggu...
Ummie Aditya
Ummie Aditya Mohon Tunggu... Guru - Saya guru kimia di SMAN 11 Mataram, lakukan hal-hal positif di setiap hembusan nafasmu adalah moto dalam hidupku.

Saya seorang wanita yang memiliki hati pantang menyerah dan memiliki hati yang penyabar, saya juga tipe wanita yang humoris dan ceria. Dari kecil saya hobi menulis, semua hal yang saya rasakan saya tuangkan dalam bentuk tulisan di didiare, selain hobi menulis saya juga hobi dalam dunia musik, hal-hal yang berbau seni syaa sangat menyenanginya. Gaya tulisan saya sedikit mellow dan banyak menyentuh hal-hal yang berbau cinta dan ketuhanan. Berbaur dengan orang-orang hebat merupakan suatu hal yang sangat saya sukai karena energi positif yang mereka tularkan sangat bermanfaat untuk saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menulis Berita High Line di Website Sekolah

30 Mei 2022   17:21 Diperbarui: 30 Mei 2022   18:00 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tips Menulis Berita High Line 

Mataram (Smables) - Semua SMA/SMK/ SLB di Mataram Lombok Barat NTB mengikuti Bimtek Menulis Berita yang diadakan oleh Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud NTB. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMK Negeri 3 Mataram.

"Menulis berita yang menarik harus memenuhi lima teknik dasar, yakni alinea pendek, jarak antar alinea, tidak ada indent, rata kiri, dan highlight," ungkap Kabid Kebudayaan, Ahmad Fairuz Abadi, di Mataram (30/5/2022).

Dalam menulis sebuah berita, hal terpenting yang harus diingat adalah menulis teras berita. Ia menjelaskan bagaimana cara menulis berita yang menarik dengan memperhatikan unsur 5W + 1H yaitu : Who, What, When, Where, Why, dan How. 

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat berliterasi. Sekolah-sekolah yang ada di NTB dibina untuk mengembangkan website dan media sosial sekolah. Selama ini, website sekolah hanya menjadi simbol belaka dan banyak yang tidak digunakan dengan maksimal.

Melalui Bimtek Menulis ini, Ahmad Fairuz Macel mengajak semua sekolah di NTB untuk menambah wawasan dalam hal menulis berita High Line dan mampu mengelola website sekolah dengan baik.

Untuk memaksimalkan hal tersebut pimpinan sekolah dalam hal ini kepala sekolah hendaknya membuat SK Tim Media Sekolah dan menunjuk minimal 2 Operator website sekolah.

Kegiatan pelatihan semakin seru karena materi yang diberikan langsung disertai dengan praktik membuat berita dari masing-masing sekolah yang langsung dikoreksi bersama oleh nara sumber dan para peserta.

Tindak lanjutnya, semua peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di sekolah masing-masing. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun