Mohon tunggu...
Umi NurBaity
Umi NurBaity Mohon Tunggu... Pecinta literasi dan alam semesta

Man jadda wa jadda

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Daring Bikin Pusing

19 September 2020   12:21 Diperbarui: 19 September 2020   12:22 68 4 2 Mohon Tunggu...

Bismillah, assalamualaikum sob ketemu lagi nih sama mbul. Kali ini mbul akan membahas seputar pembelajaran daring di era milenial.

Kebayang nggak sih dulu kita sekolah....
Ada yang berangkat paling pagi padahal gerbangnya cuman dibuka separuh sambil nunggu teman di kelas. Ada juga yang berangkat paling siang sampai ketinggalan pelajaran wah siapa nih ngaku hayo. Kalau jamkos kita sering ke kantin, nonton film di kelas, nyanyi-nyanyi di kelas, nge-gibah di kelas, pura-pura ke kamar mandi cuman pengen apel gebetan,  ngelakuin kegabutan bareng, baca novel atau ngelakuin hal-hal gaje yang kocak abis. Wadaw, kece badai kan masa-masa indah kita, cie baper.

Tapi semenjak corona melanda....
Tiap pagi mantengin grup whatsapp tunggu dikasih tugas mesti lihat list tugas di google classroom, belom lagi kalo tugasnya gaje apalagi ambigu, udah gitu chat teman pada nyerbu, ah sudahlah emang begitu. Sebenernya emang enak bisa rebahan, tik-tokan di rumah tapi kitanya yang nggak paham materi udah begitu ujiannya juga daring kadang sinyal nggak dukung sob. 

Parahnya lagi kalo kita sudah ngerjain tapi suruh ngulangin lagi dari awal, bikin greget kan ya.

Daun kering di mana jatuhnya
Belajar daring gimana sensasinya?

Kalo menurut kalian bagaimana sensasinya sob, sama nggak nih?

Pembelajaran daring memang solusi terbaik saat pandemi sekarang ini sob. Tapi semua tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ada juga lho anak-anak Indonesia di luar sana yang nggak punya fasilitas gadget, kuota, apalagi listrik sob. Kebayang kan gimana perjuangan mereka buat belajar saat pandemi. Kita ini wajib bersyukur sob hidup di daerah yang dipermudah segala aksesnya. Nah perlu kalian tahu sob pemerintah juga sedang berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk kita yang kena dampak pandemi sob. Misalnya pembagian kuota internet belajar, pemerataan listrik di sejumlah daerah, bantuan donasi bagi yang membutuhkan, dan lain-lain.  

Sebagai pelajar yang baik tentunya kita tetap dapat melewati masa-masa sulit ini dengan semangat dan rasa ambisius dalam meraih prestasi. Kita harus bisa menunjukkan kepada orang tua kita bahwa kita bisa membanggakan mereka. Mulai sekarang berhenti mengeluh ya sob, seribet apa pun tugas pasti ada kok penyelesaiannya. 

Semua akan terasa sulit bila malas mulai melilit, yuk bangkit dan raih perubahan di masa perebahan ini.

Jumpa lagi di topik pembahasan berikutnya ya, mbul izin undur diri. Wassalamualaikum.
Salam satu pena

Author: Gembul Can

VIDEO PILIHAN