Mohon tunggu...
Umi KulsumNurQ
Umi KulsumNurQ Mohon Tunggu... Nama lengkap Umi Kulsum Nur Qomariah

Umi kulsum nur qomariah adalah seorang pengajar

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Dewasarejo: Desa Wisata Salak Jatirejo

11 September 2019   20:53 Diperbarui: 14 September 2019   10:00 0 1 1 Mohon Tunggu...
Dewasarejo: Desa Wisata Salak Jatirejo
dokpri

Telah hadir di Jombang, sebuah Desa Wisata Salak yang terletak di desa Jatirejo (Dewasarejo) kecamatan Diwek kabupaten Jombang. Pembukaan Dewasarejo dimulai dengan Festivak salak yang dikawal langsung oleh Mochammad Syafiuddin Shobirin.  Gunungan salak yang dirangkai sedemikian rupa arak keliling  Jatirejo.
Sebelum pembukaan Dewasarejo, Dosen Fakultas Pertanian ini bergerak lincah dengan menjalin interaksi dengan pemerintah kecamatan Diwek, Dinas Pertanian Jombang, Pemda Kabupaten Jombang guna menarik pengunjung sebanyak mungkin pada acara peresmian Dewasarejo.Turut Hadir Bupati Jombang Dr Hj. Munjidah Wahab beserta jajarannya dalam memeriahkan acara launching Dewasarejo.

dokpri
dokpri
Dibalik gebyar kemeriahan Dewasarejo, ada sosok Faridl Darmawan yang berperan sebagai kreator make over Dewasarejo. Dosen prodi Agribisnis ini mempermak "barongan" salak yang dulunya orang enggan memasuki, kini hampir setiap orang ingin masuk dan berswafoto di dalam kebun salak Dewasarejo. Hampir tidak ada yang menyangka jika kebonan salak yang dulunya sepi dan beraura sintrum kini menjadi jujugan untuk rekreasi di Jatirejo.

dokpri
dokpri
Pasar jajan Ngisor Wit salak dioperasikan setiap akhir pekan di dalam kebun salak Dewasrejo. Aneka jajanan tradisional seperti martabak mlarat, kolak ketan duren, nasi ampok, pecel dan olahan lain disajikan sebagai kuliner di pasar jajan Ngisor Wit Salak.

dokpri
dokpri
Keberadaan Dewasarejo memudahkan promosi produk olahan salak buatan Keompok Wanita Tani Jatirejo yaitu sari salak dan dodol salak. Dewasarejo telah membuka peluang wirausaha baru bagi masyarakat Jatirejo. Disamping itu juga menjadi satu destinasi wisata kuliner disetiap akhir pekan.
dokpri
dokpri
Kelahiran Dewasarejo diinisiasi oleh tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bersama dengan mitra yaitu masyarakat desa Jatirejo. Dewasarejo kini digerakkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) asuhan Dinas Pertanian Jombang, dan para Pemuda Jatirejo. Terimakasih disampaikan kepada DRPM Kementerian Ristekdikti sebagai sponsor utama Dewasarejo serta LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah yang mendukung pelaksanaan program pengabdian masyarakat./uknq/

KONTEN MENARIK LAINNYA
x