Mohon tunggu...
Ruslan Yunus
Ruslan Yunus Mohon Tunggu...

Belajar Menyenangi Humaniora Multidisipliner

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Menjadi Milenial Modern yang Religius

2 Februari 2019   13:23 Diperbarui: 21 Februari 2019   10:28 0 1 0 Mohon Tunggu...
Menjadi Milenial Modern yang Religius
ilustrasi religius | sumber foto: Reuters/Yusuf Ahmad

Generation M: The Young Muslims Changing The World. Di dalam bukunya ini, Shelina Janmohamed memproklamirkan bahwa sebuah generasi muslim, Generasi M  tengah bangkit untuk meluruskan bahwa modernitas dapat berpadu dengan keberimanan. 

Diterbitkan pertama kali pada tahun 2016, buku ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Shelina adalah seorang penulis wanita berkebangsaan Inggris. Beberapa di antara bukunya telah menjadi best seller.

Menurut Shelina, ada dua faktor monumental yang memengaruhi corak Generasi M ini. Yaitu peristiwa-peristiwa pascatragedi 09 September 2001, dan respons dunia terhadap terorisme dan ekstremisme yang ikut "menyeret" nama Islam. 

Faktor lainnya adalah internet, yang telah menjadi "perekat" di antara anak-anak muda muslim ini. Media ini ikut berperan menyatukan mereka menjadi sebuah generasi global yang kritis dan berpengaruh.

Melalui media ini mereka bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menjadi seorang muslim. Baik sebagai komunitas sebuah bangsa, maupun sebagai komunitas dunia.

Generasi M, di dalam definisi Shelina, adalah milenial muslim yang lahir sepanjang 30 tahun terakhir ini.

Berbeda dengan perspektif Barat, di dalam perspektif Generasi M seorang muslim untuk menjadi modern, tidaklah perlu menjadi sekuler. Hidup di dalam keberimanan yang kental sekaligus modern dapat bergandengan bersama. Tidak ada kontradiklsi di antara keduanya, bahkan saling menguatkan. 

Mereka percaya bahwa iman mereka, sebagai sumber kebenaran, menjadi penuntun dan pemberi inspirasi bagi modernitas. Disinilah letak "keunikan" Generasi M itu.

Mereka terbentuk menjadi pribadi- pribadi yang antusias, cerdas, dinamis, aktif dan kreatif tapi branding, di dalam bingkai nilai- nilai religi.

Dari segi demografi, jumlah penduduk muslim dunia cukup besar dan akan terus tumbuh. Saat ini diperkirakan mencapai lebih dari 1,6 miliar.

Pada tahun 2050 diperkirakan akan meningkat menjadi 2,8 miliar, atau lebih dari seperempat populasi dunia. Dua pertiga diantaranya berusia dibawah 30 tahun. Jumlah itu dapat menjadi penggerak sektor ekonomi dan budaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5