Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Salam Tempel Masa Kecil dan Semangkuk Mie Sop

9 Mei 2021   10:17 Diperbarui: 9 Mei 2021   10:50 3062 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salam Tempel Masa Kecil dan Semangkuk Mie Sop
Salam Tempel , Dokpri Ulihape

Hari lebaran selalu menjadi hari yang dinanti buat anak kecil. Anakku begitu mendengar Ramadan tiba langsung menelepon neneknya dan nanyain 'nanti aku dapat THR lebaran nggak uci?" Beda banget dengan masa kecilku menyebut THR masih salam tempel.

Dan uniknya Mamak selalu membelikan dompet kecil bertali panjang atau baju lebaran yang punya saku di bagian samping atau depan hehe tujuannya ya persiapan menyimpan uang hasil salam tempel, ada yang sama?

Salam tempel pertama biasanya aku terima dari Mamak Papa, semua anak dibagi sama rata. Lalu kami akan berkunjung ke tetangga bahagia banget karena ketika hendak pamit si empunya rumah sudah menunggu di depan pintu sambil menggenggam uang kertas lembaran baru. Dulu lembaran baru warna merah seratus rupiah yang selalu diharapkan haha maklum ya beb aku jajan masih pakai uang lima perak haha.

Rasanya bahagia banget dapat salam tempel, dengan riang gembira menyusun salam tempel ke dalam dompet kecil yang sudah dipersiapkan dari rumah. Setibanya di rumah langsung menghitung hasil salam tempel bahagia banget dan langsung merencanakan sasaran target berikutnya haha.

Dulu hasil salam tempel sekedar buat beli mainan dan semangkok Mie Sop. Mie Sop adalah jajanan khas masa kecil anak Medan. Mie Sop bukan bakso, tahun 86 tuh belum ada bakso di kotaku adanya Mie Sop. Kuliner yang mirip bakso namun isinya bihun dan suiran ayam yang disiram kuah berkaldu alias sop karenanya judul jajanan ini Mie Sop. Aku bersama teman-teman akan ramai-ramai menuju warung mie sop dan kami akan beli mie sop dari hasil salam tempel haha.

Mie Sop Khas Medan |sumber m.rri.co.id
Mie Sop Khas Medan |sumber m.rri.co.id

Salam Tempel Anak Zaman Now 

Nah berpuluh tahun sejak masa kecilku aku pun sudah dewasa dan bekerja, kini giliranku yang memberi salam tempel kepada keponakan dan anak-anak tetangga. Aku selalu menukar uang lembaran baru khusus untuk salam tempel. 

Setelahnya aku menikah, punya anak dan kini aku menyaksikan anak-anakku mendapat salam tempel dari kakek nenek dan om tantenya. Namun hasil salam tempel bukan lagi untuk membeli makanan melainkan sesuatu yang berbau teknologi.

Tahun lalu anak-anak mendapatkan salam tempel 3 jutaan jadilah keduanya meminta gadget baru dan membeli kuota haha, beda zaman tentu beda pula jajannya.

Salam tempel seyogyanya hanya bagian kecil dari makna kebahagiaan hari nan fitri. Saling mengunjungi dan bisa melepas rindu jauh lebih ku suka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN