Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

6 Gerakan Olahraga Ringan di Kubikel Kerja untuk Working Mom's

29 April 2021   13:28 Diperbarui: 29 April 2021   13:31 1220 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Gerakan Olahraga Ringan di Kubikel Kerja untuk Working Mom's
olahraga ringan bulan ramadan (@ulihape)

Ramadan bisa jadi membuat kita malas berolahraga karena khawatir akan membuat lelah, kalau aku sebagai working mom's jujur aja udah nggak ada waktu lagi buat melakukan olahraga berat semacam lari syantik atau ngegym. Namun itu bukan berarti aku tak melakukan sama sekali melainkan aku menyiasati jenis gerakan olahraga yang bisa aku lakukan ketika aku di kantor, ada banyak gerakan olahraga ringan yang bisa kita lakukan di kantor salah satunya adalah senam peregangan atau stretching.

Olahraga itu tujuannya bukan semata untuk membuat tubuh kurus, olahraga baik dilakukan untuk membuat tubuh tetap rileks dan sehat, olahraga nggak harus bercucuran keringat tapi melakukan gerakan ringan juga bisa membawa manfaat bagi tubuh. Lantas apa sih gerakan olahraga sederhana yang biasanya aku lakukan di kubikel ku? Aku kerap melakukan peregangan alias stretching, nggak ada alasan nggak gerak walau sederhana pasti membawa manfaat dan justru gerakan sederhana ini bisa dilakukan kapan saja termasuk saat berpuasa di bulan Ramadan.

Stretching adalah gerakan olahraga ringan yang bertujuan untuk melenturkan bagian tubuh yang kaku. Sebagai working mom's bagian tubuh kepala, leher, bahu, tangan, kaki dan pinggang kerap kaku karena kebanyakan duduk dan beraktivitas di depan layar komputer. Karenanya sebaiknya mom's melakukan gerakan stretching sebelum kerja atau manfaatkan jam istirahat untuk melenturkan tubuh. Nah kalau kalian ingat stretching ini juga bagian dari GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang digalakkan oleh Kementerian Kesehatan.

Aku udah buatin nih videonya, kalian bisa lakukan juga ya selama di kantor biar tubuh nggak kaku dan produktivitas meningkat.


6 Gerakan Stretching di Kubikel Kerja Untuk Working Mom's

Peregangan ke Atas Kepala (Overhead Stretching)

Sebelum kerja biasanya aku akan melakukan peregangan dengan mengangkat kedua tangan melewati kepala dan lakukan dengan berulang. Gerakannya adalah tarik kedua tangan melewati kepala lalu turunkan dan ulangi kembali, efeknya area bahu dan leher akan terasa rileks.

Peregangan Bahu, Leher dan Kepala

Naik motor juga bikin kepala kaku loh karena helm yang lumayan berat harus nangkring hampir 2 jam selama perjalanan, so jangan lupa lakukan stretching di area kepala leher dengan cara menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan, menunduk ke atas dan ke bawah. Gerakan peregangan ini akan membuat area leher dan kepala menjadi ringan sehingga aliran darah ke kepala lancar jadi mood juga terjaga

Peregangan Jari Tangan dan Pergelangan Tangan

Jari-jari tangan suka kaku akibat aku suka mengetik dan membawa motor, supaya nggak kaku dan tetap fleksibel aku kerap melakukan gerakan memencet/meremas benda yang lembut, aku menggunakan boneka lembut yang bisa ku genggam. Gerakan ini mamu membuat jemari nggak kaku sehingga nggak akan menunda pekerjaan hanya karena jari kaku. Selain itu bisa juga loh mom's membuat gerakan menekan kedua tangan dengan arah terbalik di atas meja, lalu luruskan tubuh sedikit condong dan berikan tekanan kepada telapak tangan dan lakukan secara berulang, dijamin rileks!

Peregangan Area Punggung

Duduk selama hampir 7 jam belum lagi naik motor yang suka membuat guncangan di area punggung suka bikin pinggang dan punggung terasa  nyeri nah biasanya aku akan melakukan Spinal Twist jadi ini adalah peregangan yang aku lakukan di kursi kerjaku. Duduk tegap lalu tangan satu menyilang ke paha dan tangan satunya lagi posisikan seperti menarik sandaran kursi lalu putarkan badan ke arah belakang, setelah melakukan gerakan ini dijamin enakan deh.

Peregangan Kaki

Duduk dan mengendarai motor membuat betis ku suka terasa kaku, salah satu cara yang bisa aku lakukan adalah melakukan peregangan di area kaki, mom's bisa pegangan pada sisi meja lalu tari kaki ke arah belakang dan tahan setelah tubuh melakukan stretching ke depan. Gerakan ini bikin kaki nggak kaku dan betis terhindar dari naik betis yang rasanya nggak enak banget

Peregangan Area Perut

Perut adalah bagian tubuh yang sangat mengganggu kalau terasa gendut, memang perutku sudah gendut haha tapi berusaha untuk membuatnya tak semakin gendut bisa dengan melakukan gerakan seperti di video ya dan ini aku masih lakukan di area kubikel ku jadi nggak gangguin orang dan nggak berisik, gerakannya mudah kok tinggal senderan ke kursi lalu kedua tangan memegang sisi kiri kanan kursi , naikkan kedua kaki secara rapat mendekati area perut lalu lakukan gerakan naik dan turun, sesanggup mom's aja yang jelas pasti terasa tarikan area perut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN