Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kena SP3 karena Jadi Blogger

7 April 2021   15:56 Diperbarui: 7 April 2021   16:07 3477 19 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kena SP3 karena Jadi Blogger
ilustrasi by Ulihape

Punya kerja sampingan? Rasanya zaman now hampir semua orang punya ya, bahkan yang punya toko baju juga bisa nyambi jualan cookies. Pun begitu dengan aku yang bekerja di perusahaan swasta, kebetulan situasi pekerjaan dan kantor mendukung untuk aku mempunyai pekerjaan sampingan sebagai blogger. 

Blogger sendiri sepertinya belum dianggap sebagai sebuah pekerjaan melainkan hanya sebagai hobi yang menghasilkan duit.

Ada banyak teman yang berstatus Karyawan juga menjadi Blogger dan atasan mereka support untuk kegiatan ngeblognya, apesnya aku tidak seberuntung mereka. Sejak aku ada di perusahaan ini entah mengapa atasanku sudah nggak suka dengan keberadaanku. 

Oneday ada salah satu karyawan di kantor tersebut menanyakan apakah aku masih suka menulis? Dari situlah atasanku tahu aku suka ngeblog, dan beberapa kali aku memenangi lomba blog dan diberi selamat oleh teman-teman eh nggak taunya atasanku sangat terlihat nggak suka entah apa alasannya.

Aku ngeblog bukan hanya iseng melainkan memang mencari pendapatan tambahan, dan rasanya nggak mungkin setiap nerima job trus uangnya aku bagi-bagi buat teman sekantor, apalagi ngak melulu dapat uang dan aku juga bukan selebgram yang per post bisa dapat jutaan rupiah. 

Ternyata inilah isi kepala bosku, dipikirnya aku jadi kaya raya dengan pekerjaan sampingan sebagai blogger. Aku memang kerap meminta izin untuk keluar kantor dan itu aku jujur kepada atasan ketika beliau nggak izinkan ya aku akan menolak job, tapi ketika beliau mengizinkan aku akan pergi. 

Setiap aku minta izin atasanku pasti bilang "ya udah pergilah, jangan sampai ada yang tau" ternyata dibelakangku dia berkata lain, dikoar-koarkannya aku meninggalkan kantor tanpa sepengetahuannya, meski HRD bilang bahwa aku meninggalkan kantor sudah isi form dan terkadang memang izin potong cuti. Tapi ya gitu deh karena atasanku agak berpengaruh maka semua hanya patuh pada pendapatnya.

SP3 Karena Jadi Blogger

Bertahun-tahun aku tahu kalau atasanku ingin menjegalku tapi kalau alasannya hanya karena hobiku ngeblog maka susah juga ya kan? Mau jegal karena lalai terhadap pekerjaan? Oh tentu saja tidak bisa karena selama menjalankan pekerjaan nggak pernah ada kelalaian atau kesalahan dalam menafsirkan pekerjaan rutin, karenanya yang bisa dilakukan atasanku hanya mengusikku, membuat aku merasa tak betah namun sayangnya aku termasuk orang yang sangat positive minded jadi hal-hal begitu nggak pernah menggangguku. 

Aku tahu sudah sering dilaporkan atasanku ke HRD manager namun semuanya masih waras, aneh jugakan memecatku tanpa ada kesalahan apapun? Sampai akhirnya ada pergantian HRD Manager which is orangnya cukup bisa menyenangkan banyak orang haha dan seperti dugaanku atasanku langsung merapat dan kembali mengadukan aku, benar saja beberapa hari kemudian HRD Manager memanggilku dan menjelaskan hal-hal yang sudah akrab ditelingaku "atasan Ibu datang kepada saya, dan ingin Ibu di beri SP3". 

Pertanyaankupun sama saja kepada beberapa HRD Manager sebelumnya "Apakah bisa saya di beri SP3 hanya karena hobi menulis?, Bapak pikirkan saja dengan tipikal atasan seperti beliau apakah saya bisa menulis artikel dengan leluasa di jam kantor?" Mereka semua menjawab "tidak" dan mereka semua paham bahwa nggak berdasar memberikan SP3 karena aku seorang blogger. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN