Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Happy Sejak Awal Kehamilan

4 Februari 2020   13:39 Diperbarui: 4 Februari 2020   13:53 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Happy Sejak Awal Kehamilan
Dr. Dewi Ratih--dokpri

Menghabiskan weekend dengan menimba ilmu adalah hal positif yang sering aku lakoni sejak menjadi blogger. Karena sehari-hari bekerja maka kesempatan menimba ilmu bisa aku lakukan saat weekend tiba. Nah 1 February kemarin aku menghadiri workshop kesehatan di sebuah acara Health Fair berlokasi di Titan Cntre Bintaro, Tangerang.

Health Fair yang mengusung tema Be Smart, Healthy and Happy ini bukan menggelar workshop kesehatan saja melainkan ada banyak kegiatan seperti menghias cupcake untuk si kecil, ada bazar berbagai makanan sehat dan busana.

Tips Happy Sejak Awal Kehamilan

Meski sedang tidak merencanakan kehamilan, tapi aku bahagia bisa mendapatkan ilmu baru, apalagi pas menikah dulu gak pernah dapat ilmu, semuanya learning by doing haha. Adalah Dr. Dewi Ratih SpOG (k), Msi.Med yang memberikan ulasan dengan baik mengenai bagaimana sih supaya masa kehamilan enggak jadi beban? Selain beliau ada juga selebriti Yasmine Wildblood yang sharing kepada peserta bagaimana melewati masa kehamilan kedua dengan anak batitanya.

Dr. Ratih adalah dokter kandungan yang memiliki pasien-pasien orang asing dan menurut beliau sangat sulit untuk mendeteksi kondisi janin ketika pasien tidak bisa berkomunikasi dan tak mau memeriksakan kandungannya secara rutin, karena komunikasi dan kontrol kehamilan adalah kunci sukses untuk sebuah proses kehamilan sampai melahirkan.

Dari berbagai kasus yang beliau tangani maka belia membuat sebuah kesimpulan yang bisa kita jadikan tips untuk tetap happy sejak awal kehamilan. Proses kehamilan 9 bulan bisa berakhir tragis bila tidak dijalani dengan baik karena buat kalian yang ingin hamil maka simak ya tips happy sejak awal kehamilan berikut :

1. Support System, kehamilan tampak sepele namun bila tidak dipersiapkan dengan baik maka bisa berakhir fatal. Karenanya bila sudah merencanakan hamil maka hal pertama yang dilakukan adalah miliki support system yang baik. So siapa saja support system ibu Hamil?

  • Suami,¬†pasangan adalah support system utama kita. Komunikasikan semua hal yang dirasa dan sebagai suami please mengerti lah gejolak hormonal ibu hamil, kalau ngebetein ya sabar karena ada janin di dalam perut istri dan ingat hamil adalah sebuah pertaruhan nyawa bagi ibu.
  • Medis, kontrol kehamilan secara rutin kepada tenaga medis, mau bidan atau dokter spesialis ya monggo. Penting banget untuk memutuskan satu tenaga medis jangan berpindah-pindah supaya kondisi janin bisa dipantau tumbuh kembangnya sehingga bila ada permasalahan akan dengan mudah bisa diatasi.
  • Orang tua, jadikan orang tua sebagai teman meski pendapat mereka ada yang kuno tapi bisa kita adaptasi dan sesuaikan dengan kondisi kita, bagaimanapun orang tua bisa kita berdayakan membantu perjalanan kehamilan sampai melahirkan nanti
  • Komunitas, bersosialisasi-lah apalagi zaman sekarang sudah ada sosial media yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan banyak informasi. Sharing is caring adalah benar jadi jangan sungkan untuk aktif di komunitas dengan begitu kita bisa banyak mendapatkan berbagai informasi¬†

2. Periksa Kesehatan Sebelum Hamil, hal ini masih sering terlewatkan di Indonesia, sebaiknya sebelum memutuskan untuk hamil ada baiknya cek kesehatan baik suami maupun istri. Lakukan pemeriksaan darah lengkap dan vaksin HPV bagi wanita sangat dianjurkan sehingga bisa mengurangi berbagai resiko kehamilan.

3. Prinsip 3P untuk Proses Lahir Normal, Dr Ratih menjelaskan ada usaha yang dilakukan untuk melahirkan normal, namun mendengarkan arahan tenaga medis adalah yang terbaik. Karena enggak semua kondisi ibu hamil bisa melahirkan normal karenanya bila ingin melahirkan normal maka pastikan 3P ini dimiliki ibu hamil :

  • Power : kemampuan ibu hamil dalam mengejan dan menahan sakit saat kontraksi yang terjadi, ibu hamil harus memiliki tenaga yang kuat, tarikan nafas yang panjang dan bisa menahan sakit which is bisa menguras banyak energi
  • Passage : jalan lahir lunak, pembukaan lengkap bisa dengan cepat terjadi dan ukuran panggul memungkinkan kepala bayi untuk masuk.
  • Pessenger : terakhir lihat kondisi janin apakah ukurannya normal dan posisinya normal, bila iya maka proses kelahiran normal sangat memungkinkan.

Bila 3 tips diatas bisa sejalan maka inshaallah enggak akan ada masalah berarti selama proses kehamilan dan melahirkan. Yasmine Wildblood sudah memiliki dua anak dengan jarak kelahiran 2 tahun, menurutnya memang repot memiliki anak kedua dengan usia anak batita namun Yasmine memutuskan untuk segera memiliki anak lagi karena dia ingin anak-anaknya lahir disaat usianya produktif, dan dalam mengasuh si kecil Yasmine juga meminta bantuan sang suami dan tidak hanya itu Yasmine menggunakan jasa psikolog untuk membantunya dalam menahan emosi selama masa kehamilan dengan pola tingkah laku anak batita yang sangat menguras emosi.

Well, bagiku apa yang disampaikan oleh Dr. Ratih snagat bermanfaat karena terkadang kita tahu ilmunya namun kalau tidak diulang-ulang susah nempel ya kan, ok semua sampai jumpa next article aku ya..

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x