Uli Hartati
Uli Hartati karyawan swasta

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Atletik Artikel Utama

Fakta Menarik Pencak Silat Cabor Baru di Asian Games 2018

20 Juli 2018   16:01 Diperbarui: 21 Juli 2018   10:14 2080 10 4
Fakta Menarik Pencak Silat Cabor Baru di Asian Games 2018
Dokpri

Well, aku juga baru tahu bahwa selama ini di ajang Asian Games ternyata pencak silat belum pernah dipertandingkan. Namun beruntunglah Indonesia yang tahun ini menjadi tuan rumah Asian Games ke 18 dan kita punya hak untuk mengajukan penambahan 3 cabang olah raga baru dan yes! Pencak Silat akhirnya menjadi salah satu Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan. 

Seperti tulisan sebelumnya, aku berkesempatan untuk mengunjungi padepokan tempat latihan pencak silat di Taman Mini Indonesia, dan kali pertama buatku untuk menyaksikan langsung seni bela diri asli Indonesia ini and you know guys? Aku langsung cinta dan berniat akan mencoba menonton langsung pertandingan ini, paling tidak sebagai warga negara ini yang bisa aku lakukan menonton langsung atlit kita bertanding sembari kasih support, yah jangan kalahlah sama orang India yang bisa begitu mencintai film-film mereka dan efek mencinta itu bisa mendunia gaes! 

Perjalanan ini aku lakukan bareng teman-teman lain bukan blogger sih hanya saja orang-orang yang mendukung pemerintahan dan ingin menjadi bagian dari sejarah Asian Games, bukan hanya seleb sosmed melainkan beberapa artis juga ada disana yah  kami hanya ingin menunjukkan semangat kepada para atlit khusus nya. 

Dari perjalanan ini menurutku ada beberapa fakta menarik dari Pencak Silat yang bisa jadi baru aku ketahui karena selama ini aku memang enggak pernah tertarik membicarakan apapun urusan orang lain hehe, nah ini dia 6 fakta menarik dari pencak silat yang aku ketahui :

Dokpri
Dokpri

  • Padepokan Pencak Silat, selama ini sering sih ke TMII tapi jujur aku baru ngeh kalau disana ada Padepokan Pencak Silat yang luasnya juga enggak tanggung-tanggung yaitu 5.3 hektar bahkan disana juga tersedia tempat penginapan loh. Saat kami kesana sudah ada Pesilat dari Iran yang berlatih disalah satu sudut outdoor padepokan.

  • Cabor Baru di Asian Games 2018, sejarah mencatat bahwa Pencak Silat akhirnya menjadi salah satu cabor yang akan ditandingkan dalam ajang olahraga empat tahunan ini.

  • Bahasa Indonesia, nah inilah yang paling keren menurut ku. Ternyata negara apapun yang ikutan cabor pencak silat maka semua istilah dalam cabor Pencak Silat menggunakan bahasa Indonesia dan tidak bisa diterjemahkan jadi ini bahasa resminya. Duh Bangga book..pantas saja ketika aku nonton orang Iran yang berlatih kemarin pelatihnya teriak "pukul", :tendang", "banting", "Gunting" keren kan gaes...mau enggak mau mereka harus pakai bahasa kita hehe. Wong untuk persatuannya aja disebut "Persilat" keren deh pokoknya Indonesia.

  • Tentang Berat Badan, ternyata gaes berat minimal untuk seorang atlit pencak silat tuh 45 kilogram dan maksimalnya 95 kilogram trus enggak dibedain loh antara cowok dan cewek, aturannya sama saja hehe

  • Cara Penilaian Pencak Silat, jadi kemarin dijelasin sama Pak Menteri kalao tarung pencak silat itu ada poinnya caranya begini jadi kalo lawan kena pukulan kita maka poinnya 1, kalau kena tendangan poinnya 2 sedangkan kalau lawan jatuh karena pukulan/tendangan kita maka dapat poin 3. Sebaliknya nih kalau serangan kita mengenai muka dan kelamin lawan maka akan terjadi pengurangan poin, wow adil banget ya?

  • Jenis yang ditandingkan itu ada pencak silat kategori seni dan tarung. Dalam seni ada 3 kategori yang dipertarungkan yaitu Tunggal, Ganda dan regu. Untuk pesilat tunggal/regu seperti diceritakan mbak Puspa dia harus menghapal 100 gerakan dalam waktu 3 menit jadi semua jurusnya sudah ada pakemnya, berbeda dengan ganda bahkan pesilat ganda boleh loh merias diri biar kek ala-ala drama klosal gitu hehe.

  • Juri, namanya tanding maka ada juri ya gaes, di pencak silat jurinya berjumlah 5 orang. Untuk pencak silat seni juri cukup duduk manis saja di bangku dalam jejeran meja sedangkan tarung jurinya berpencar disetiap sudut arena. Wasit juga ada ya gaes buat mengontrol pertandingan.

Dokpri
Dokpri
6 fakta diatas adalah sebuah kebanggaan tersendiri untuk Indonesia, dan karena pencak silat adalah olah raga asli Indonesia maka seluruh atlit dan pelatih pencak silat optimis akan menyapu bersih semua emas di cabor pencak silat ini, sedangkan untuk bisa menjadi juara umum setidaknya Indonesia harus memiliki 6-8 medali emas dari 16 medali emas yang disediakan yaitu 10 nomor tarung dan 6 nomor seni. Namun meski begitu pemerintah tak ingin memberikan beban yang begitu berat karena nya dari Pak Menteri bilang dapat empat medali emas juga sudah OK.

Pada saat kami mengunjungi padepokan disana ada atlit dunia kita Mbak Wewey Wita, beliau ini sudah mendunia bahkan diajang Sea Games tahun lalu Mbak Wewey berhasil meraih medali emas, namun dengan malu-malu beliau bilang gimana ya "ada pedenya namun jadi grogi juga karena main di rumah sendiri". Selain Mbak Wewey ada juga Puspa dan Prisma yang menunjukkan seni pencak silat dan amaze aja sih bisa kek pendekar di tivi itu hehe.

Dokpri
Dokpri
Nah buat kalian yang ingin menyaksikan pertandingan pencak silat juga sudah bisa loh membeli tiketnya secara online, harga tiket di babak penyisihan hanya 50K sedangkan untuk finalnya 100K. Worthiedlah guys kita dukung atlit kita ya. Nah buat kalian yang belum tahu siapaa saja atlit merah putih yang akan bertarung dicabor pencak silat ini dia nama-nama atlit yang akan berjuang di Asian Games 2018.

Daftar Atlet Pencak Silat Indonesia


Putra

- Hanifan Yudani Kusumah
- Iqbal Candra Pratama
- Komang Harik Adi Putra
- Aji Bangkit Pamungkas
- Sugianto
- Yola Primadona Jampil
- Hendy
- Nunu Nugraha
- Asep Yuldan Sani
- Anggi Faisal Mubarok

Putri
- Wewey Wita
- Sarah Tria Monita
- Pipiet Kamelia
- Puspa Arumsari

Berikut ini jadwal pencak silat di Asian Games 2018.
Kamis, 23 Agustus 2018
11.00 --- 16.00 WIB: penyisihan event tanding

Jumat, 24 Agustus 2018
09.00 --- 17.30 WIB: penyisihan event tanding

Sabtu, 25 Agustus 2018
09.00 --- 17.30 WIB: penyisihan event tanding

Minggu, 26 Agustus 2018
09.00 --- 12.00 WIB: penyisihan event seni (tunggal, ganda, dan tim)
14.00 --- 17.30 WIB: semifinal event tanding

Senin, 27 Agustus 2018
09.00 ---- 12.00 WIB: semifinal event tanding
14.00 ---17.30 WIB: final event seni (tunggal, ganda, dan tim)

Selasa, 28 Agustus 2018
istirahat

Rabu, 29 Agustus 2018
09.00 --- 17.30 WIB: final event tanding

APP Sinar Mas Berikan Dukungan Bagi Suksesnya Asian Games 2018

sumber poto :klikampera.com
sumber poto :klikampera.com
Pemerintah menghimbau seluruh rakyat untuk ikut menyukseskan Asian Games 2018 tak ketinggalan APP Sinar Mas salah satu official partner Asian Games juga melakukan berbagai dukungan baik menyediakan fasiltas atau bahkan kemarin di Palembang APP Sinar Mas membantu pemrov Sumsel untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah OKI dengan menyediakan Helikopter puma yang bisa membawa 4.000 liter air sehingga Palembang harus bebas dari Api dan Asap selama Asian Games berlangsung. Dan bukan hanya itu sebuah gerakan untuk mensupport atlit juga dilakukan APP dan kalian bisa juga ikutan meramaikan sosial media dengan hestek #UntukmuIndonesiaku, sebuah kebanggaan bagi APP Sinar Mas bisa menyukseskan Asian Games 2018.

So guys itu dia sekelumit tentang cabor baru di Asian Games ke 18 tahun 2018 dan kita doakan supaya Indonesia bisa masuk 10 besar seperti target pemerintah atau bahkan kita ulang kembali kejayaan 1962 dimana kita menjadi menjadi runner up nya, #AyoIndonesiaBisa !

Sumber tulisan ini sebagian besar diperoleh saat melakukan kunjungan langsung baik dari pelatih, atlit, Bapak Imam Nahrawi dan jadwal pertandingan di dapat dari https://asiangames2018.id/