Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ngabuburit, Melepas Penat Menjelang Buka Puasa

24 Mei 2018   15:06 Diperbarui: 24 Mei 2018   15:11 740
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berpuasa memang membuat tubuh terasa sedikit berbeda dari hari biasa yang penuh asupan. Bagi ku ketika berpuasa meski tak lelah tapi ada lemas sedikit. Untungnya aku bekerja sehingga seringkali bisa terabaikan dan tanpa terasa waktu berbuka pun tiba.

Bagi pegawai seperti ku sebenarnya agak susah menikmati waktu dengan ngabuburit, ditambah lagi aku seorang Ibu. Begitu jam kerja usai maka target selanjutnya adalah pulang menuju rumah memastikan persiapan berbuka puasa sudah tersedia. Tapi bila weekend maka aku akan mengajak keluarga untuk ngabuburit sebagai pelepas penat sepanjang hari menahan lapar.

Ngabuburit

Meski aku tinggal di pulau Sumatera tetapi istilah ngabuburit ini cukup akrab ditelinga kami. Yang pasti semua tahu bahwa istilah ini berasal dari bahasa Sunda, sebuah kata yang diartikan sebagai menghabiskan waktu dengan kegiatan positif sambil menunggu berbuka.

Waktu kecil aku ingat sekali setiap habis melakukan Sholat Ashar maka papa sudah rapi dan mengajak kami keliling, entah ke kota atau hanya dengan menggunakan motor di sekitar rumah. Suasana ngabuburit ini kerap kami nantikan, sepanjang mengendarai kendaraan terkadang papa akan bercerita.

Semilir angin dari atas motor atau dalam mobil selalu mampu menambah energi baru bagi tubuh yang sudah mulai 'letoi' akibat haus dan lapar. Terkadang papa mengajak kami mampir ke warung untuk membeli jajanan sebagai reward mau melakukan ibadah puasa.

Kini aku telah memiliki keluarga, lagi-lagi tahun ini merupakan tahun pertama aku mengajarkan anakku tentang puasa dan ngabuburit adalah istilah baru yang aku kenalkan kepada anakku.

Kanda mau ngabuburit enggak ? Kanda pun bingung apa sih ngabuburit ? Dan sejauh ini pahamnya dia ngabuburit itu adalah jalan-jalan ke mall haha karena aku memang smenjadikan mall sebagai salah satu tempat ngabuburit yang asik.

Kelebihan Ngabuburit di Mall

Alasannya hanya karena dekat dengan rumah, kemudian kalao ke Mall maka banyak hal yang bisa aku lakukan dan nikmati. Mall dekat rumah kami kebetulan memang ramah keluarga sehingga tak pernah membuat bosan untuk sekedar membuang waktu datang ke mall.

Ngabuburit di mall ini lengkap, anak-anak bisa bermain, Ibu bisa cuci mata, Ayah bisa juga mengintip hobinya melihat-lihat kendaraan baru. Ketika menjelang waktu berbuka di mall pun banyak pilihan makanan untuk disantap saat berbuka, karena itulah Mall adalah the best place fro ngabuburit right ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun