Mohon tunggu...
Mahasiswa Undip
Mahasiswa Undip Mohon Tunggu... mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa peternakan Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Mahasiswa Peternakan Undip Ajarkan Warga Depok Jadi Konsumen Cerdas

5 Agustus 2020   15:15 Diperbarui: 5 Agustus 2020   15:17 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Mahasiswa Peternakan Undip Ajarkan Warga Depok Jadi Konsumen Cerdas
Minggu, (19/7). Pelaksanaan program 1 KKN Mandiri melalui penyuluhan terhadap ibu-ibu arisan rt 02.

Kota Depok (3/8), Dian Sulistyaningrum seorang mahasiswi Universitas Diponegoro melakukan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata  Mandiri di wilayah tempat tinggalnya yaitu di rt 02, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. KKN mandiri dilaksanakan melalui dua program kerja selama 45 hari, mulai 5 Juli -- 15 Agustus 2020 pada pukul 09.00 -- 16.00 WIB. Target dari KKN yang dilaksanakan adalah warga setempat. KKN Mandiri merupakan kebijakan yang diterapkan Universitas Diponegoro agar mahasiswa dan mahasiswinya tetap dapat melakukan kegiatan KKN di wilayah tempat tinggal masing-masing dengan tujuan meminimalisir pemaparan oleh Covid-19. Tema yang diangkat untuk KKN Mandiri adalah Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). KKN Mandiri ini juga mendapat persetujuan penuh dari pihak Ketua RT 02 yaitu pak Imar Royadi dan ibu Karwati.

KKN Mandiri terdiri dari dua program yaitu program terkait SDGs dan Covid-19. Program pertama yang Dian angkat sebagai mahasiswi peternakan UNDIP adalah Edukasi pada Warga agar Menjadi Konsumen Cerdas dalam Memilih Telur yang Baik. Program ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Pelaksanaan program dilakukan melalui penyuluhan dengan peserta yaitu ibu-ibu arisan rt 02. Media yang digunakan pada penyuluhan adalah poster yang menarik dan penyampaian materi secara langsung menggunakan bahasa sehari-hari sehingga peserta penyuluhan mudah memahami materi yang disampaikan oleh Dian. Penyuluhan berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari peserta penyuluhan. Hal ini dapat diketahui saat berlangsungnya penyuluhan para peserta sangat komunikatif. "Alhamdulillah sambilan arisan dapet ilmu bermanfaat dari penyuluhan yang disampaikan, jadi besok-besok kalau pilih telur gak boleh asal pilih harus sesuai sama yang disampaikan tadi" ujar salah seorang warga rt 02 yang mengikuti kegiatan penyuluhan, Minggu (19/7).

Rabu, (29/7). Pelaksanaan program 2 KKN Mandiri melalui pendampingan dengan pembagian brosur edukasi, susu kotak dan masker.
Rabu, (29/7). Pelaksanaan program 2 KKN Mandiri melalui pendampingan dengan pembagian brosur edukasi, susu kotak dan masker.

Program kedua yang diangkat oleh Dian adalah Edukasi Bebas Bermain dengan Tidak Lupa Minum Susu di Masa Pandemi Covid-19. Program ini dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Pelaksanaan dilakukan dengan persiapan brosur yang menarik, pembelian susu kotak dan masker. Dian melakukan penelusuran disekitar wilayah rt 02 khususnya pada tempat seperti taman dan lapangan yang banyak terdapat anak-anak dan remaja sedang bermain kemudian dilakukan pembagian brosur, susu kotak dan masker kepada target tersebut. Program berjalan dengan lancar dan mendapat respon yang positif dari warga sekitar khususnya dari anak-anak dan remaja yang dijadikan Dian sebagai target untuk program kedua. Hal ini dapat diketahui dari target yang diberikan brosur langsung membaca brosur tersebut. "Wah iya, aku suka lupa pake masker kak. Aku mau langsung pake maskernya ah kak." Ujar salah seorang anak yang Dian berikan brosur edukasi, susu kotak dan masker, Rabu (29/7).

oleh Dian Sulistyaningrum-FPP UNDIP

Dosen Pembimbing  dr. Siti Fatimah, M. Kes

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x