Mohon tunggu...
Ofi Sofyan Gumelar
Ofi Sofyan Gumelar Mohon Tunggu... Administrasi - ASN | Warga Kota | Penikmat dan rangkai Kata

Today Reader Tomorrow Leader

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Meraup Cuan Lewat Internetan

17 Juli 2022   22:28 Diperbarui: 17 Juli 2022   22:46 107 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Internet sudah menjadi kebutuhan pokok (sumber: diolah dari canva.com)

Don't sit down and wait for opportunity to come, Get up and make them -- Madam CJ Walker

Namanya Siswanto, tapi ia lebih dikenal tetangganya sebagai Siboen. Warga desa Kasegeran, Banyumas, ini hanyalah lulusan Sekolah Dasar dan bekerja sebagai montir sepeda motor. 

Siapa sangka, penghasilan bulananannya mencapai 50 juta rupiah. Bahkan ia pernah meraup pundi-pundi rupiah hingga tembus 150 juta dalam sebulan. Kok bisa?

Siboen memang seorang montir, tapi penghasilan utamanya diperoleh sebagai Youtuber. Dari channel youtube miliknyalah ia bisa mengumpulkan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

 Awalnya konten yang disajikannya tak jauh dari urusan perbengkelan, tips perbengkelan dan perawatan sepeda motor. Kini, ia banyak membuat konten yang lebih beragam. Setiap videonya rata-rata ditonton oleh puluhan ribu viewers.

Bermula dari permintaan tetangganya untuk memperbaiki aki sepeda motor jenis baru yang tak ia kuasai, Siboen disarankan tetangganya untuk menonton tutorialnya di channel youtube. Dari sini ia terinspirasi untuk membuat konten sejenis, tips perbengkelan motor. Ia meyakini banyak orang awam yang butuh tips praktis perawatan sepeda motor.

Daya tarik konten Siboen terletak pada kesederhanaan kontennya. Coba deh simak sendiri konten video di channelnya. Tutorialnya disampaikan dengan bahasa yang ringan, jauh dari kesan teknis mekanik yang mungkin tidak banyak orang yang memahami. 

Teknik pengambilan gambarnya pun simpel-simpel saja. Itulah mengapa kontennya banyak ditonton orang. Bahkan saya pun yang sangat awam soal mesin bisa mengerti penjelasan di videonya.  

Berbagai akun Siboen di Youtube (sumber: tangkapan layar youtube.com)
Berbagai akun Siboen di Youtube (sumber: tangkapan layar youtube.com)

Dulu ketika awal-awal ngonten pada tahun 2017, Siboen banyak mengandalkan wifi dari kantor Desa. Tak hanya untuk mengunggah konten, tapi juga untuk belajar Teknik membuat video.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan