Mohon tunggu...
Ofi Sofyan Gumelar
Ofi Sofyan Gumelar Mohon Tunggu... Administrasi - ASN | Warga Kota | Penikmat dan rangkai Kata

Today Reader Tomorrow Leader

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Es Kelapa Alpukat, Sajian Segar untuk Berbuka Puasa

11 Mei 2020   21:28 Diperbarui: 11 Mei 2020   21:45 664
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sajian Nikmat Untuk Berbuka Puasa (Sumber: Dokpri)

Buka puasa akan lebih nikmat jika mulai dengan sajian yang menyegarkan. Salah satu menu favorit saya untuk berbuka adalah segelas es kelapa alpukat.

Sebagai garis finish dari ritual ibadah puasa, momen saat berbuka tentu saja adalah momen yang sangat ditunggu. Tak terkecuali saya. karena momen ini begitu istimewa, bahkan menu sajian berbuka untuk teman makanan utama pun sudah dipikirkan sejak waktu ashar.

Sebelum korona melanda, kami biasa berburu takjil di salah satu pusat kuliner di kota kami. Sayangnya kini aktivitas tersebut tak dapat dilakukan lagi. Kebijakan social distancing yang diperkuat dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menahan Langkah kami untuk ngabuburit berburu takjil.

Biasanya untuk urusan menu pelengkap buka puasa, istri menyerahkannya kepada saya. Mungkin ia gak mau direpotkan dengan hal tersebut. Bisa jadi pula biar bagi-bagi tugas. Untuk urusan seperti ini, sebagaimana lazimnya laki-laki yang maunya serba praktis, saya biasanya sih beli olahan yang sudah jadi saja. praktis.

Salah satu menu favorit menu berbuka saya adalah es Kepala muda. Biasanya di bulan Ramadhan banyak bermunculan penjual es kelapa dadakan di kompleks perumahan saya.

Kebetulan untuk puasa kali ini, salah seorang teman kompasianer di kota saya sedang panen alpukat mentega. Saya yang termasuk penyuka jenis buah ini kerap memesan buah ini ke dia. Jadilah kemudian alpukat menjadi salah satu buah yang di mix and match dengan menu olahan berbuka.

Buah alpukat terkenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita. Buah ini mempunyai kandungan nutrisi yang terhitung lengkap. Sebut saja, tinggi kalori, protein, karbohidrat, dan vitamin A, B dan C. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan, seperti saponin, alkaloid, dan flavonoid yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Karena itu, saya pikir sangat pas jika buah ini dijadikan salah satu sajian menu berbuka puasa.

Salah satu yang saya coba campurkan adalah es kelapa muda dengan buah alpukat tersebut. Maunya sih membuat es teler ala-ala es teler 77, tapi karena gak ada es serut dan buah nangka, ya sudah saya namai saja menunya sebagai es kelapa alpukat. Sesederhana itu, hehehe...

Praktis dan Mudah Disajikan (Sumber: Dokpri)
Praktis dan Mudah Disajikan (Sumber: Dokpri)
Karena kesederhanaannya itu, cara membuatnya pun super simpel. Saya hanya membutuhkan satu buah alpukat matang, satu bungkus es kelapa muda dan susu kental manis secukupnya. Untuk menyiapkannya, kupas alpukat kemudian kerok daging alpukat secukupnya sesuai selera, tambahkan es kelapa muda dan lengkapi dengan kental manis sesuai selera. Biar segar, tambahkan bongkahan es ke dalam gelas. Mudah kan?

Buah alpukat sendiri terhitung buah yang sedikit hambar rasanya. Itulah mengapa perlu ditambahkan kental manis sebagai penambah rasa bagi buah ini. Tapi satu hal yang saya suka dari buah ini adalah ia lumer di mulut. Teksturnya yang lembut Ketika di mulut memberi sensasi tersendiri bagi saya. itu juga mengapa saya tak terlalu suka untuk menghancurkan daging alpukat dalam sajian menu yang saya makan. saya selalu membiarkannya untuk lumer di mulut saya.

Sementara itu, es kelapa muda terkenal punya citarasa yang menyegarkan. Itulah mengapa bagi saya komposisi campuran es kelapa muda dengan buah alpukat ini terasa begitu pas. Apalagi pada saat kita sedang dalam posisi kehausan setelah seharian berpuasa, menikmati sajian segelas es kelapa alpukat ini dijamin membuat badan terasa segar kembali. Gak percaya? Coba aja deh bikin sendiri!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun