Mohon tunggu...
Ofi Sofyan Gumelar
Ofi Sofyan Gumelar Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

Senang baca, belajar menulis. Minat traveling sedang membangun jejaring. Bisa Dihubungi di ofi.gumelar@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Seberapa Peduli Kamu kepada Lingkungan?

3 Agustus 2019   13:37 Diperbarui: 4 Agustus 2019   08:40 0 10 4 Mohon Tunggu...
Seberapa Peduli Kamu kepada Lingkungan?
Lingkungan sehat jadi idaman semua warga | Sumber: Dokumentasi pribadi

Melansir data dari AirVisual, sebuah situs penyedia peta polusi online, Kompas TV menyebut Jakarta kemarin (1/8/2019) berstatus sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Hah? Beneran nih?

Meskipun klaim ini dibantah oleh Kementerian Lingkungan Hidup maupun BMKG, rasanya sulit dibantah kalau polusi Jakarta memang dahsyat. Udara panas dan asap knalpot yang mengepung kota adalah fakta tak terbantahkan.

Pada saat yang sama, Jakarta dilanda gosip soal pengelolaan sampahnya. Beberapa waktu lalu terselip berita soal bagaimana Gubernur Anies Baswedan yang sensi mengomentari kesediaan Ibu Risma yang diminta membantu mengelola sampah Jakarta.

Begitulah, sepertinya sudah menjadi kelaziman bagaimana kota-kota besar dilanda permasalahan lingkungan. Selain polusi dan sampah, ada lagi soal banjir, sungai hitam pekat, selokan mampet, atau sampah plastik berserakan menjadi problematika kota sehari-hari. 

Sadar gak sih akhir-akhir ini cuaca makin tak menentu? Kalau musim kemarau terasa panas banget, tapi sekalinya hujan malah deras banget yang bikin banjir? Suka tidak suka, apa yang dibilang global warming ini nyata adanya. Siapa yang salah? Ayolah, gak usah menyalahkan siapa-siapa karena bisa jadi kita semua berkontribusi pada kondisi bumi saat ini.

Hal-hal sepele yang sudah menjadi kebiasaan kita mungkin saja berkontribusi menyebabkan kerusakan pada lingkungan kita. Ambil contoh, keseringan beli produk dalam kemasan sachet secara tak sadar menyumbang produksi plastik berlebih. 

Lha, emang apa masalahnya? Yaah, plastik kan salah satu material yang susah terurai, masih lumayan lah kalau didaur ulang, kalau dibuang sembarangan apa tidak mencemari lingkungan?

Saya gak munafik dengan menyebut saya paling peduli soal lingkungan. Tapi berbekal sedikit kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, sambil iseng saya coba merinci kebiasaan-kebiasaan kita yang secara tak langsung ternyata turut mempengaruhi kondisi lingkungan kita.

Biar asyik dan terukur, saya coba menyusunnya dalam bentuk kuis dengan beberapa jawaban pilihan ganda. Saya sengaja menyediakan jawaban untuk setiap pertanyaan biar kalian gak repot-repot mikir cari jawabannya. 

Supaya terkesan ilmiah, nantinya dari jawaban tersebut saya coba kelompokan ke dalam beberapa kategori untuk melihat seberapa peduli kita terhadap lingkungan. Sebagai disclaimer, kuis ini memang gak ilmiah-ilmiah amat. Hanya saja rasanya cukup representative menggambarkan bagaimana kita juga turut andil merusak lingkungan.

Biar keren, saya menamakan kuis ini dengan istilah green quiz. Gapapa ya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x